Tangga Darurat di Jalan Tol Layang Japek Siap Digunakan Maret 2020

Kompas.com - 27/02/2020, 16:22 WIB
Pembangunan Emergency Access berupa tangga darurat di 8 titik jalan tol layang Jakarta-Cikampek Elevated II Dok. PT Jasamarga Jalanlayang CikampekPembangunan Emergency Access berupa tangga darurat di 8 titik jalan tol layang Jakarta-Cikampek Elevated II
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pembangunan tangga darurat di jalan tol Jakarta Cikampek II (elevated) ditargetkan bakal rampung pada akhir bulan ini. Tangga ini nantinya akan difungsikan hanya untuk keadaan darurat.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk., melalui kelompok usahanya PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) yang mengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated), menyebutkan, pembangunan delapan tangga darurat dilakukan sejak 6 Januari 2020.

Djoko Dwijono, Direktur Utama PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek, mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan sebanyak enam dari total delapan tangga darurat yang harus harus dibangun di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated).

Baca juga: Adab Ketika Ingin Menyalip Truk atau Bus

Tangga Darurat di Jalan Tol Layang JapekJasa Marga Tangga Darurat di Jalan Tol Layang Japek

“Kami menargetkan, pembangunan seluruh tangga darurat tersebut selesai pada akhir Februari 2020,” ujarnya dalam keterangan resmi (27/2/2020).

“Namun, baru akan bisa digunakan pada pertengahan Maret 2020 karena masih ada finishing pemasangan guard rail untuk pelindung tangga di atas dan pekerjaan perapihan di bawahnya,” kata Djoko.

Kedelapan tangga darurat tersebut akan terpasang di tengah/median jalan tol, tidak jauh dari area U-Turn.

Baca juga: Biaya Ubah Status Warna Kendaraan di STNK dan BPKB

Tol Layang Jakarta-CikampekTol Layang Jakarta-Cikampek Tol Layang Jakarta-Cikampek

Tepatnya, terletak di Km 13 + 200, Km 17 + 200, Km 21 + 500, Km 24 + 800, Km 28 + 300, Km 31 + 900, Km 36 + 700, dan Km 38 + 600.

Penggunaan tangga darurat rencananya hanya untuk keadaan tertentu, misalnya evakuasi korban kecelakaan yang disupervisi oleh petugas layanan jalan tol Jasa Marga.

Tangga darurat ini tidak dapat digunakan pengguna jalan untuk keperluan-keperluan lainnya seperti buang air, makan ataupun istirahat.

Baca juga: Alasan Yamaha Tak Suntik Mati NMAX Generasi Lama

Tol Layang Jakarta-Cikampek Tol Layang Jakarta-Cikampek

“Teknisnya, pengguna jalan yang mengalami keadaan darurat akan diarahkan petugas untuk menuruni anak tangga darurat menuju ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang berada di bawah Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated),” ucapnya.

“Nanti, akan ada petugas kami yang siaga di median/tengah jalan tol untuk membantu pengguna jalan,” ujar Djoko.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X