Motor Tua Bisa untuk Investasi, Setiap Tahun Harganya Naik

Kompas.com - 18/02/2020, 14:22 WIB
Deretan sepeda motor tua berbagai merek koleksi Hauwkes Auto Gallery, Kemang, Jakarta Selatan, Senin (12/3/2018). Kompas.com/Alsadad RudiDeretan sepeda motor tua berbagai merek koleksi Hauwkes Auto Gallery, Kemang, Jakarta Selatan, Senin (12/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, memiliki investasi merupakan hal yang penting. Namun, memilih yang sesuai dengan hobi tidaklah mudah.

Untuk pecinta sepeda motor, investasi bisa saja dilakukan dengan memelihara motor tua. Motor lansiran '70-an hingga '90-an bisa menjadi motor dengan nilai investasi yang lumayan.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Motor Tua Butuh Oli Kental?

Rizki Arif, dari Antik Motor Kediri, membenarkan, pernyataan bahwa motor tua bisa menjadi investasi. Sebab, harga yang ditawarkan tidaklah murah.

Motor klasik legendaris yang diabadikan Sampoerna.Agung Kurniawan Motor klasik legendaris yang diabadikan Sampoerna.

"Setiap tahun, pasti naik harganya, bukan malah semakin turun. Tapi, dengan catatan kondisinya juga terawat," ujar Rizki, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Rizki menambahkan, sekarang ini, motor tua yang bisa dijadikan investasi adalah buatan tahun '80-an ke bawah. Motor-motor tahun tersebut, menurutnya, banyak diburu oleh para pecinta motor klasik.

Baca juga: Elektrifikasi Motor Tua, Harus Dipermudah Urusan Birokrasi

Motor tua yang masih bahan pun juga tetap banyak yang mencari. Dalam dunia otomotif, ada istilah "bahan". Maksudnya, adalah motor atau mobil yang kondisinya jauh dari kata baik, baik dari tampilan maupun mesinnya.

"Motor yang masih bahan tetap bisa untuk investasi. Tapi, paling baik tetap harusnya direstorasi dahulu, baru disimpan. Jadi, nilainya akan semakin bertambah," kata Rizki.

Untuk harganya, menurut Rizki berbeda-beda untuk setiap motor. Tergantung dari kondisi fisiknya, tahun pembuatannya, kelengkapan surat-suratnya, pajaknya, jumlah motor yang beredar, dan lainnya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X