SUV Murah XL7 Jadi Andalan Baru Ekspor Suzuki

Kompas.com - 15/02/2020, 11:02 WIB
Suzuki XL7 Stanly-Kompas.comSuzuki XL7
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain untuk pasar domestik, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga akan memasarkan XL7 hingga ke mancananegara.

Rencana  ini tak lepas bagian dari upaya mengejar target ekspor yang jumlahnya meningkat dari 2019 lalu.

Dalam seremoni peluncuran XL7, President Director PT SIS Seiji Itayama, mengatakan, SUV murah ini dipastikan menjadi andalan baru untuk ekspor Suzuki Indonesia.

"XL7 menjadi salah satu andalan ekspor yang kami targetkan ke 30 negara. Dengan hadirnya XL7, kami harap mampu mengoptimalkan pasar Suzuki Indonesia sebagai pilar ketiga di dunia bagi Suzuki," ucap Seiji di Jakarta, Sabtu (15/2/2020).

Baca juga: Suzuki XL7 Meluncur Sabtu Besok, Ini Skema Kreditnya

Suzuki XL7Stanly-Kompas.com Suzuki XL7

Rencana soal ekspor XL7 sebelumnya juga sudah dibeberkan oleh 4W Marketing Director PT SIS Donny Saputra. Menurut Donny, sejak Januari 2020 lalu, pabriknya di Cikarang juga sudah mulai mengencangkan aktivitas produksi, dari satu shift menjadi dua shift.

Donny menjelaskan, XL7 rencananya akan dipasarkan ke beberapa negara di Asia dan Amerika Latin. Upaya ini, menjadi kebanggaan tersendiri lantaran komponen lokal yang terkandung pada XL7 diklaim sudah 85 persen.

Suzuki XL7Stanly-Kompas.com Suzuki XL7

"Untuk datanya saya lupa, tapi kapasitas produksi sudah meningkat, man power kami juga bertambah jadi dua shift," ucap Donny beberapa waktu lalu di Bogor, Jawa Barat.

"Rencana ekspor itu sejauh ini baru dalam bentuk CBU dan tetap menggunakan nama XL7 karena dari Indonesia, kalau dari luar Indonesia namanya bukan XL7," kata dia.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Tentang Suzuki XL7 yang Meluncur Pekan Ini

Donny mengatakan, untuk negara tujuan ekspor XL7 pada dasarnya mengikuti negara-negara yang sudah memasarkan Ertiga, mulai dari kawasan Asia sampai dengan Amerika Latin.

Suzuki XL7Stanly-Kompas.com Suzuki XL7

Sementara untuk jadwal aktivitas ekspor diperkirakan dimulai pada Maret 2020 mendatang. Target hingga akhir tahun diharapkan bisa tembus hingga 12.000 unit XL7.

"Kita mulai bulan depan, kalau 10 bulan berarti komposisinya untuk ekspor 1.200 untuk domestik 2.000-an unit. Nanti pasti akan ada XL7 setir kiri dan kanan juga, artinya kita akan coba penuhi apa saja permintaan dari negara yang meminta XL7 dari kami," kata kata Donny.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X