Dampak Virus Corona, MotoGP Thailand Berpotensi Ditunda

Kompas.com - 14/02/2020, 08:50 WIB
Para pebalap MotoGP sedang beraksi di seri terakhir musim 2019 di Valencia, Spanyol.. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP) PIERRE-PHILIPPE MARCOUPara pebalap MotoGP sedang beraksi di seri terakhir musim 2019 di Valencia, Spanyol.. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dorna selaku penyelenggara MotoGP mulai menimbang untuk menunda pelaksanaan MotoGP Thailand yang dijadwalkan akan dihelat pada 22 Maret 2020 mendatang.

CEO Dorna Carmelo Ezpeleta menjelaskan langkah tersebut tercipta karena ancaman wabah virus corona yang terjadi di China belum juga mereda. Bahkan saat ini telah memakan korban hingga 1.363 korban jiwa.

"Kami akan pergi ke Qatar dengan aman dan tepat jadwal karena mereka sudah menjamin bahwa situasinya tidak akan berbahaya. Tetapi untuk Thailand, yang mana lebih dekat dengan wilayah penyebaran wabah virus, kami masih ragu. Pemerintah setempat juga belum memberi jawaban atas kepastian keamanan di sana," katanya dikutip GPOne, Jumat (14/2/2020).

Baca juga: Formula E Akhirnya Boleh Digelar di Kawasan Medan Merdeka

Pebalap MotoGP dari tim Repsol Honda, Marc Marquez, bersiap untuk keluar dari pit pada hari pertama sesi tes pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang, 7 Februari 2020.AFP/MOHD RASFAN Pebalap MotoGP dari tim Repsol Honda, Marc Marquez, bersiap untuk keluar dari pit pada hari pertama sesi tes pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang, 7 Februari 2020.

Jika pemerintah Thailand belum memberikan kepastian hingga batas waktu yang ditentukan, maka penyelenggaraan MotoGP di sana akan ditunda.

"Keputusan kami bergantung pada apa jawaban mereka karena keamanan selalu menjadi perhatian pertama kami. Kalau tidak, kami akan mencari waktu lain. Ini sedang menunggu jawaban dalam beberapa hari, sebelum menuju ke Qatar," kata Ezpeleta.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan jadwal yang sudah dirilis oleh pihak Dorna, MotoGP Thailand akan diselenggarakan pada 22 Maret 2020. Seri pertama MotoGP 2020 bakal berlangsung di sirkuit Losail International, Qatar, di 08 Maret.

Baca juga: Fabio Quartararo Tebar Ancaman di Tes Pramusim MotoGP 2020

Valentino Rossi menjalani sesi latihan bebas MotoGP Australia 2019 di Sirkuit Phillip Island, 27 Oktober 2019. AFP/WILLIAM WEST Valentino Rossi menjalani sesi latihan bebas MotoGP Australia 2019 di Sirkuit Phillip Island, 27 Oktober 2019.

Sebelumnya, ancaman virus corona juga memaksa Federation Internationale de I'Automobile (FIA) menunda perhelatan GP Formula 1 China.

Sebab, melalui helatan tersebut, penyebaran virus diyakini akan lebih cepat dan sangat berbahaya bagi pengunjung maupun pebalap dan kru.

Apalagi, kejuaraan yang sedianya digelar 19 April ini diselenggarakan di Shanghai, tak terlalu jauh dari wilayah pusat penyebaran virus yakni Wuhan dan Hubei.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber gpone
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X