8 Tim Pabrikan Ikut Serta, Formula E Diisi Sejumlah Pebalap Ternama

Kompas.com - 14/02/2020, 08:22 WIB
Pebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019. AFP/GETTY IMAGES/David Dee DelgadoPebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbeda dengan balap Formula 1 yang sudah dimulai sejak 1950, Formula E (FE) baru bergulir pada 2014.

Meski baru seumur jagung, ajang balap mobil listrik murni alias battery electric vehicle (BEV) ini berhasil menggaet nama besar di dunia otomotif global, termasuk tim pabrikan maupun pebalap ternama dunia.

Mulai dari Michelin yang menjadi pemasok ban, Enel X yang menyediakan Stasiun Pengisian Listrik bagi FE dan BMW yang menyediakan safety car.

Para perusahaan ini menganggap ajang balap FE menjadi tempat yang cocok untuk mengembangkan teknologi mereka, selain karena menyuguhkan kompetisi ketat.

Dikutip dari situs FIA Formula E, pada musim 2019-2020, ajang balap FE bahkan diisi oleh 8 tim pabrikan dan 3 tim privateer (semacam tim satelit di Formula 1) yang bakal berlomba. 

Baca juga: Ragam Masalah Biosolar B30, dari Usia Filter Sampai Jadi Gel

NIssan Formula E.NISSAN NIssan Formula E.

Padahal di tahun yang sama, ajang balap Formula 1 hanya diikuti 5 tim pabrikan. Jelas ini jadi salah satu keuntungan, bahwa FE merupakan balapan yang cukup bergengsi.

Nama otomotif besar seperti Audi, BMW, DS Automobiles (Citroen), Jaguar, Nissan, Mercedes-Benz, Mahindra, dan Porsche jadi tim pabrikan yang turun pada musim balap tahun ini.

Sementara NIO, Venturi, dan Penske merupakan tim balap kenamaan yang sudah cukup lama bergelut di industri otomotif maupun motorsport.

Baca juga: Ragam Promo Suzuki XL7, Diskon Rp 15 Juta dan DP 19 Juta

BMW i8 dan i3 didaulat mengawal 10 seri Formula E.Worldcarfans BMW i8 dan i3 didaulat mengawal 10 seri Formula E.

Sedangkan, para pebalap FE memang kebanyakan diisi oleh nama-nama baru. Namun dari sekian banyak, terselip satu mantan pebalap Formula 1, dia adalah Felipe Massa.

Pebalap asal Brazil ini berkarir di ajang F1 sejak 2002 sampai 2017. Usai pensiun, ia malah mengumumkan kembali jadi pebalap dengan bergabung dengan Venturi Grand Prix pada 2018.

Sedangkan juara bertahan ajang FE dua musim terakhir merupakan pebalap asal Perancis bernama Jean-Eric Vergne, yang membalap bersama tim DS Techeetah.

Baca juga: 4 Perilaku yang Bikin Umur Transmisi Mobil Matik Cepat Rusak

Pebalap nasional, Sean Gelael menyupiri Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam konvoi kendaraan listrik jelang acara pengumuman resmi Jakarta sebagai tuan rumah Formula E, di Monas, Jumat (20/9/2019).Tim Jagonya Ayam Pebalap nasional, Sean Gelael menyupiri Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam konvoi kendaraan listrik jelang acara pengumuman resmi Jakarta sebagai tuan rumah Formula E, di Monas, Jumat (20/9/2019).

Indonesia sendiri belum memiliki wakil pada ajang FE. Namun kabarnya Sean Gelael yang saat ini membela tim balap DAMS di ajang Formula 2 berpotensi bisa ikut serta. Sebab tim DAMS yang bermarkas di Perancis juga memiliki tim balap Formula E, bernama Nissan E.Dams.

Meski begitu belum diketahui apakah Sean bisa benar-benar ikut atau tidak. Karena jadwal Jakarta ePrix pada 6 Juni 2020 dikabarkan bentrok dengan jadwal balap Formula 2 di sirkuit Baku, Azerbaijan.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X