Apa Sih Balap Formula E yang Mau Digelar di Ibu Kota?

Kompas.com - 14/02/2020, 07:22 WIB
London akan menjadi salaj satu kota tuan rumah seri balap Formula E musim 2019-2020. Source: www.fiaformulae.comLondon akan menjadi salaj satu kota tuan rumah seri balap Formula E musim 2019-2020.

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam beberapa bulan terakhir beragam informasi deras mengguyur soal pro dan kontra penyelenggaraan balap Formula E di Jakarta.

Namun, bagi kalangan awam yang tidak gemar dunia motorsport, tentu bertanya-tanya, apa sih balap Formula E itu?

Semua berawal dari coretan Presiden FIA Jean Todt di atas tisu restoran di Paris, Perancis pada 3 Maret 2011. Kala itu Todt lagi makan bersama dengan rekan Alejandro Agag (Komisaris Formula E) yang menginginkan menggelar balap formula mobil listrik

Alasannya, Todt dan Agag mau menciptakan ajang baru yang dapat menjadi alternatif bagi dunia balap yang lebih bersih dan ramah lingkungan di masa depan. 

Baca juga: GBK Siap Jadi Alternatif Lokasi Balap Formula E, tapi dengan Syarat

Maklum saja, dunia balap, khususnya Formula 1 terkenal dengan pemborosan maksimal, baik dari mesin, konsumsi bensin, emisi, maupun polusi suara. Selain itu, era elektrifikasi juga mulai terbentuk pada dekade ini.

Dari rumusan kedua founder ini, ada tiga pilar utama yang menjadi suksesi ajang balap mobil listrik Formula E, yaitu motor elektrik, balapan di tengah kota, dan partisipasi fans.

Singkat cerita, tiga tahun berlalu usai pembicaraan itu, Formula E akhirnya memulai debut di jalanan Olympic Park, Beijing, China pada 2014.

Baca juga: Ragam Masalah Biosolar B30, dari Usia Filter Sampai Jadi Gel

Demo Formula E di Las Vegas pada awal minggu bulan inihttp://www.fiaformulae.com/ Demo Formula E di Las Vegas pada awal minggu bulan ini

Di Indonesia, ajang balap Formula E memang belum setenar Formula 1 apalagi MotoGP. Ajang Formula E merupakan kejuaraan balap single-seater yang menggunakan mobil bertenaga listrik murni alias battery electric vehicle (BEV).

Sejak awal kemunculannya, balap Formula E langsung menggunakan teknologi BEV. Sistem penggerak motor elektrik yang dikembangkan bukan seperti mobil listrik yang dijual di pasar umum yang mendahulukan efisiensi.

Mobil balap Formula E diciptakan khusus untuk lintasan balap saja, sehingga pengembangannya fokus pada performa.

Baca juga: Ragam Promo Suzuki XL7, Diskon Rp 15 Juta dan DP 19 Juta

Jaguar Formula E 2016 car exploded viewGraham Murdoch Jaguar Formula E 2016 car exploded view

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X