Ini Daftar Lokasi SPBU yang Jual Biodiesel B30

Kompas.com - 13/02/2020, 12:22 WIB
Di Kepri Biodisel B30 bisa didapat di 14 SPBU, 1 SPBUN (nelayan) dan 12 APMS (SPBU Kecil) yang berada di Kota Batam, Bintan, Lingga dan Karimun serta di Tanjung Pinang. KOMPAS.COM/HADI MAULANADi Kepri Biodisel B30 bisa didapat di 14 SPBU, 1 SPBUN (nelayan) dan 12 APMS (SPBU Kecil) yang berada di Kota Batam, Bintan, Lingga dan Karimun serta di Tanjung Pinang.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) Tbk, menggaku sudah mulai memasarkan Biodisel 30 persen atau B30, sejak implementasinya mulai diresmikan oleh Presiden Joko Widodo ( Jokowi) pada akhir 2019 lalu.

Sampai saat ini, ini suplai terhadap bahan bakar pengganti B20 tersebut juga sudah mulai meluas dan hampir tersedia di seluruh jaringan stasiun pengisian bahan bakar ( SPBU) Pertamina yang ada di nusantara.

"Titik blending kami sudah cukup banyak, dari 28 titik blending yang menyebar di seluruh Indonesia akan disalurkan langsung ke SPBU milik Pertamina di seluruh Indonesia," kata VP Corporate Communicatioan PT Pertamina Fajriyah Usman, beberapa waktu lalu kepada Kompas.com.

Baca juga: Sudah Resmi Diterapkan, Ini Spesifikasi Biosolar B30

Untuk 28 titik simpul pencampuran tersebut terdapat hampir di tiap pulau. Untuk Sumatera terdapat tujuh lokasi, yakni Medan, Dumai, Siak, Plaju, Panjang, Tlk Kabung, dan Tanjung Gerem.

Petugas menunjukkan sampel bahan bakar B30 saat peluncuran uji jalan Penggunaan Bahan Bakar B30 untuk kendaraan bermesin diesel di halaman Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (13/6/2019). Uji jalan kendaraan berbahan bakar campuran biodiesel 30 persen pada bahan bakar solar atau B30 dengan menempuh jarak 40 ribu dan 50 ribu kilometer tersebut bertujuan untuk mempromosikan kepada masyarakat bahwa penggunaan bahan bakar itu tidak akan meyebabkan performa dan akselerasi kendaraan turun.Aprillio Akbar Petugas menunjukkan sampel bahan bakar B30 saat peluncuran uji jalan Penggunaan Bahan Bakar B30 untuk kendaraan bermesin diesel di halaman Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (13/6/2019). Uji jalan kendaraan berbahan bakar campuran biodiesel 30 persen pada bahan bakar solar atau B30 dengan menempuh jarak 40 ribu dan 50 ribu kilometer tersebut bertujuan untuk mempromosikan kepada masyarakat bahwa penggunaan bahan bakar itu tidak akan meyebabkan performa dan akselerasi kendaraan turun.

Sementara untuk Pulau Jawa, mulai dari Bandung Grup, Jakarta Grup, Cikampek, Balongan, Tasikmalaya, Cilacap Grup, Semarang Grup, Boyolali, Surabaya, Rewulu, Tuban, Tanjung Wangi, dan Manggis yang berada di sisi timur Pulau Bali.

Kalimantan berada di Balikpapan Grup, STS Pontianak, dan Kota Baru Grup. Sementara Sulawesi meliputi Bitung dan Makassar, setelah itu berlanjut ke Kupang dan Kasim yang berada di Sorong, Papua Barat.

Baca juga: Ragam Masalah Biosolar B30, dari Usia Filter Sampai Jadi Gel

Fajriyah juga menegaskan bila yang dimaksud bahan bakar Biosolar atau Biodiesel B30, merupakan perpaduan antara solar dan 30 persen minyak nabati yang asalnya dari kelapa sawit.

Presiden Joko Widodo meresmikan implementasi program Biodiesel 30 persen (B30). Peresmian dilakukan di SPBU Pertamina MT Haryono, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2019). KOMPAS.com/Ihsanuddin Presiden Joko Widodo meresmikan implementasi program Biodiesel 30 persen (B30). Peresmian dilakukan di SPBU Pertamina MT Haryono, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2019).

Secara produk, B30 berbeda dengan Dexlite ataupun Pertamina Dex, lantaran B30 hanya terdapat pada produk Biodiesel saja dengan harga jual Rp 5.150 per liter. Hal ini pun mengacu berdasarkan Keputusan Menteri ESDM Nomor 277 Tahun 2019 mengenai kebijakan B30.

"Hanya pada Biosolar saja. FAME yang bersifat detergency mampu membersihkan mesin kendaraan maupun indusrti lebih baik, selain juga meningkatkan penggunaan produk dalam negeri karena menjaga keberlangsungan industri sawit sebagai penyedia bahan bakunya," ucap Fajriyah.

Baca juga: Begini Cara Truk Lawas Mitsubishi Fuso Bisa Tenggak Solar B30

"Sampai saat ini berdasarkan data, penggunaan B30 sebanding dengan para pengendara berbahan bakar solar. Berdasarkan data jumlah konsumsi Biosolar B30 secara nasional jumlahnya sudah 42,9 KL per hari," kata dia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X