Kompas.com - 13/02/2020, 08:02 WIB
Moge terbakar. @thomasgisliMoge terbakar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam beberapa acara roda dua atau sepeda motor, sering kali diwarnai dengan sesi rolling thunder atau berkendara bersama menuju lokasi acara. Tak jarang sering terdengar ada kasus motor gede (moge) terbakar saat dibawa berkendara.

Rungi, mekanik Big Wing Astra Honda Jakarta, mengatakan, moge terbakar disebabkan karena dua hal. Bisa karena kerusakan pada komponen tertentu atau faktor dari luar.

Baca juga: Bangun Motor Custom dengan Basis Moge, Mengapa Lebih Mahal?

"Faktor dari luar ini contohnya terjadinya arus pendek karena kabel yang digigit tikus. Biasanya, yang sering terjadi seperti itu, ada hubungan arus pendek yang terjadi," ujar Rungi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Rungi menambahkan, aksesori yang digunakan juga beresiko membuat terjadinya hubungan arus pendek jika pemasangannya tidak sesuai.

Moge terbakar@rizkymandra Moge terbakar

Selain karena hubungan arus pendek, bahan bakar yang bocor juga bisa menjadi penyebabnya. Bahan bakar atau bensin bocor dan menetes ke sistem pengapian atau dari panas mesin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Hal tersebut biasa terjadi pada moge tua yang masih menggunakan sistem pembakaran menggunakan karburator. Jarang sekali ditemukan kasus ini pada moge yang sudah injeksi," kata Didit Adityawan, builder dari Newspeed Garage.

Baca juga: Pilih Moge Jadul yang Cocok Dijadikan Motor Custom

Selain itu, moge pada umumnya menggunakan bensin dengan RON 95 yang sangat mudah terbakar. Sehingga, sering kali moge terbakar dengan cepat dan api sulit untuk dipadamkan.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X