Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Kasus Moge Terbakar, Apa Penyebabnya?

Kompas.com - 13/02/2020, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam beberapa acara roda dua atau sepeda motor, sering kali diwarnai dengan sesi rolling thunder atau berkendara bersama menuju lokasi acara. Tak jarang sering terdengar ada kasus motor gede (moge) terbakar saat dibawa berkendara.

Rungi, mekanik Big Wing Astra Honda Jakarta, mengatakan, moge terbakar disebabkan karena dua hal. Bisa karena kerusakan pada komponen tertentu atau faktor dari luar.

Baca juga: Bangun Motor Custom dengan Basis Moge, Mengapa Lebih Mahal?

"Faktor dari luar ini contohnya terjadinya arus pendek karena kabel yang digigit tikus. Biasanya, yang sering terjadi seperti itu, ada hubungan arus pendek yang terjadi," ujar Rungi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Rungi menambahkan, aksesori yang digunakan juga beresiko membuat terjadinya hubungan arus pendek jika pemasangannya tidak sesuai.

Moge terbakar@rizkymandra Moge terbakar

Selain karena hubungan arus pendek, bahan bakar yang bocor juga bisa menjadi penyebabnya. Bahan bakar atau bensin bocor dan menetes ke sistem pengapian atau dari panas mesin.

"Hal tersebut biasa terjadi pada moge tua yang masih menggunakan sistem pembakaran menggunakan karburator. Jarang sekali ditemukan kasus ini pada moge yang sudah injeksi," kata Didit Adityawan, builder dari Newspeed Garage.

Baca juga: Pilih Moge Jadul yang Cocok Dijadikan Motor Custom

Selain itu, moge pada umumnya menggunakan bensin dengan RON 95 yang sangat mudah terbakar. Sehingga, sering kali moge terbakar dengan cepat dan api sulit untuk dipadamkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com