Mitos atau Fakta, Motor di Dataran Tinggi Butuh Oli Encer?

Kompas.com - 13/02/2020, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perbedaan tempat tinggal, di dataran tinggi atau rendah, berpengaruh juga terhadap penggunaan oli mesin sepeda motor. Banyak yang beranggapan tinggal di dataran tinggi, maka motor butuh oli yang dengan viskositas tinggi alias encer.

Setiap mesin memiliki kebutuhan oli dengan spesifikasi yang berbeda. Salah satu yang membedakannya adalah jarak tempuh atau usia pakainya.

Baca juga: Salah Kaprah Ganti Oli Motor

Rialdy Fasha, Training and Technical Engineer Motul Indonesia, mengatakan, di Indonesia, sekalipun dingin tidak sampai di bawah minus 10 derajat Celcius.

Oli motorotoengine.com Oli motor

"Sebab, SAE 25W saja titik bekunya -10 derajat Celcius. Sementara, standar kita 5W atau 10W. Sedangkan, 5W itu titik bekunya bisa sampai -30 derajat Celcius," ujar Rialdy, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Rialdy menambahkan, menurutnya, tidak ada masalah dalam penggunaan oli mesin untuk motor di Indonesia. Tidak begitu pengaruh olinya seperti apa, baik di gunung atau pun di pantai.

Baca juga: Oli Motor Gampang Boros, Kenali Ini Penyebabnya

Sebab, oli encer biasanya hanya digunakan untuk motor-motor yang usia mesinnya terbilang masih baru. Sedangkan untuk mesin yang kilometernya sudah jauh, butuh oli yang tingkat kekentalannya lebih tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.