Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Truk Lawas Mitsubishi Fuso Bisa Tenggak Solar B30

Kompas.com - 12/02/2020, 09:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Usai diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada akhir 2019 lalu, aturan penggunaan solar B30 mulai dijalankan sejumlah agen tunggal pemegang merek (ATPM) kendaraan niaga. PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor merek Mitsubishi Fuso jadi salah satunya.

Kini tiga model kendaraan yang dipasarkan di Indonesia, yakni Colt Diesel, Fuso, dan Fighter telah dipastikan aman menggunakan solar B30.

Namun, bagaimana dengan kendaraan yang sudah dipakai konsumen, khususnya truk produksi sebelum 2019?

Baca juga: Jangan Salah, Ini Arti Huruf dan Angka pada Mobil Transmisi Matik

Filter bahan bakar mesin dieselautobild.co.id Filter bahan bakar mesin diesel

Yogi Krisdian, After Sales Business Development Department Head PT KTB, mengatakan, pihaknya telah menyiapkan suku cadang agar truk model lama bisa mengikuti kebijakan pemeritah untuk menyesuaikan dengan bahan bakar solar B30.

“Agar bisa menggunakan solar B30 dengan aman, kendaraan Mitsubishi Fuso membutuhkan filter tambahan atau pre-filter di sistem bahan bakarnya” ujar Yogi di Jakarta (11/2/2020).

Menurut Yogi, filter tambahan ini bisa dipakai oleh model Fuso dan Fighter. Sementara Colt Diesel disebut telah aman menggunakan B30 tanpa perlu modifikasi.

Baca juga: Suzuki XL7 Sudah Bisa Dipesan, Berminat Siapkan Rp 2 Juta

Truck Center Mitsubishi Fuso kini menjangkau semakin banyak daerah.KTB Truck Center Mitsubishi Fuso kini menjangkau semakin banyak daerah.

Filter solar Fuso dan Fighter tadinya hanya berupa saringan bahan bakar dan water separator. Kini ada satu tambahan saringan lagi yaitu pre-filter, posisinya berada di sebelum melewati water separator,” katanya.

“Filter ini berukuran lebih besar, dan dengan tambahan filter ini waktu periodical maintenance bisa sesuai dengan anjuran kami yakni setiap 20.000 km.

Pemilik Fuso dan Fighter lawas dapat mengunjungi diler resmi Mitsubishi Fuso untuk mendapatkan filter tambahan untuk solar B30.

“Jadi pada model Fuso dan Fighter akan menggunakan tiga filter, harganya mesti dicek dulu, tapi sekitar Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta. Perbaikan ini bisa dilakukan di diler resmi, dengan waktu pemasangan sekitar 3 jam,” kata Yogi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com