Siap-siap, Bulan Depan Tilang Elektronik Berlaku untuk Motor

Kompas.com - 21/01/2020, 16:06 WIB
Kendaraan bermotor melewati garis batas berhenti/marka lalu lintas di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Poldan Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan diuji coba pada Oktober 2018 sepanjang jalur Thamrin hingga Sudirman. MAULANA MAHARDHIKAKendaraan bermotor melewati garis batas berhenti/marka lalu lintas di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Poldan Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan diuji coba pada Oktober 2018 sepanjang jalur Thamrin hingga Sudirman.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah diwacana, akhirnya rencana penerapan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement ( ETLE), untuk sepeda motor di Jakarta akhirnya siap dimulai.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar, menjelaskan penerapan ETLE untuk motor dijadwalkan bakal diimplementasi awal Februari 2020 mendatang.

"Jadi mulai 1 Februari nanti direncanakan ETLE untuk sepeda motor," ucap Fahri saat dihubungi Kompas.com, Selasa (21/1/2020).

Baca juga: Semua Kendaraan Pelanggar Bisa Terjerat Tilang Elektronik di Jakarta

Lebih lanjut Fahri menjelaskan untuk daerah pemberlakukan tilang elektronik bagi penggendara motor, nantinya akan berlaku di kawasan sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga MH Thamrin.

Operasi Patuh Jaya 2019 di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (29/8/2019).Foto: Stanley Ravel Operasi Patuh Jaya 2019 di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (29/8/2019).

Sementara untuk jenis pelanggarannya, kurang lebih sama dengan mobil, hanya saja untuk motor ada kriteria tambahan yakni mengenai penggunaan helm.

Sedangkan saat ditanya mengenai rencana ETLE di DKI Jakarta yang akan berlaku untuk semua pelat nomor. Fahri menjelaskan bila sampai saat ini tahapannya masih terus dilakukan, paling utama adalah pengintegrasian data.

"Hampir sama dengan mobil, ada pelanggaran rambu, marka, dan ditambah pengunaan helm. Untuk pemberlakukan menyeluruh di luar pelat Jakarta, saat ini kita masih dalam tahap, rencana integrasi data di Februari. Jadi bulan depan itu baru untuk motor saja," ucap Fahri.

Baca juga: Surabaya Resmi Terapkan Tilang Elektronik

Polisi menilanh pengendara mobil yang parkir di jalur sepeda, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Senin (25/11/2019).KOMPAS.COM/DEAN PAHREVI Polisi menilanh pengendara mobil yang parkir di jalur sepeda, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Senin (25/11/2019).

Sebelumnya, NTMC Polri menyebutkan bila penerapan ETLE untuk semua pelat nomor kendaraan baik Jakarta maupun daerah akan berlaku di Februari. Namun rupanya, hal tersebut baru sekadar integrasi data dengan Korlantas Polri.

"Jadi tahapan ETEL berlaku untuk semua pelat nomor dilalui melalui beberapa tahapan, untuk yang pertama integrasi dulu di Februari agar nanti pelat nomor kendaraan yang ada bisa terbaca juga dengan data regident Polda Metro Jaya," ucap Fahri.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X