Mobil Matik Terendam Banjir, Jangan Towing Sembarangan

Kompas.com - 04/01/2020, 07:42 WIB
Astra Peugeot sediakan mobil gendong untuk evakuasi mobil yang terkena dampak banjir. Foto: IstimewaAstra Peugeot sediakan mobil gendong untuk evakuasi mobil yang terkena dampak banjir.

JAKARTA, KOMPAS.com – Hujan lebat yang melanda Jabodetabek belum lama ini membuat banjir di sebagian wilayah. Musibah ini juga mengakibatkan berbagai kerugian, termasuk banyak mobil yang terendam banjir karena belum diungsikan, termasuk tipe transmisi otomatis alias matik.

Taqwa Suryo Swasono, pemilik Bengkel Garden Speed, mengatakan, semua mobil yang terendam banjir, baik transmisi manual maupun matik, tidak boleh dinyalakan (starter). Jika ingin membawa ke bengkel, harus menggunakan jasa gendong mobil atau towing.

Taqwa menambahkan, khusus pada mobil matik, perlu ada penanganan khusus sebelum di-towing. Pasalnya, ada berbagai jenis transmisi matik dan sistem kerjanya berbeda-beda. Satu hal yang wajib, untuk menggerakkan mobil matik mesti memindahkan tuas transmisi ke posisi gigi netral (N).

"Kalau transmisi matik pada umumnya, tinggal tekan shift lock terus pindahkan gigi nya dari P ke N, ada juga yang tidak perlu tekan shift lock," kata Taqwa kepada KOMPAS.com, di Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (3/1/2020).

Baca juga: Cara Tepat Bersihkan Jok Mobil yang Terendam Banjir

Sebuah mobil Honda jazz rusak berat akibat terendam banjir di kawasan Pondok Gede Permai, Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Kamis(2/1/2020). Banjir di kawasan tersebut, merupakan banjir terparah di wilayah Bekasi.KOMPAS.com/M ZAENUDDIN Sebuah mobil Honda jazz rusak berat akibat terendam banjir di kawasan Pondok Gede Permai, Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Kamis(2/1/2020). Banjir di kawasan tersebut, merupakan banjir terparah di wilayah Bekasi.

Namun, pada beberapa model dan merek mobil, untuk memindahkan transmisi matik dari posisi P menuju posisi N harus dalam keadaan kontak on. Dalam kondisi mobil terendam banjir, opsi ini tidak bisa dilakukan, karena bisa menyebabkan korslet pada kelistrikan.

Langkah yang harus dilakukan, kata Taqwa, adalah membebaskan terlebih dahulu sistem penggerak dari transmisi ke roda tanpa mengatifkan kunci kontak ke posisi on.

Baca juga: 3 Masalah yang Muncul Usai Mobil Terendam Banjir

Caranya, jika mobil dengan sistem penggerak belakang, harus melepas baut kopel supaya roda tidak terkunci. Sedangkan, penggerak depan, bisa juga melepas baut kopel atau tidak, tergantung dari kerumitan transmisi mobil.

"Intinya ini pekerjaan mekanik untuk utak-utik transmisinya, tujuannya yaitu agar transmisi tidak mengunci roda mobil supaya bisa digerakkan kemudian di-towing. Tentu saja setiap mobil memiliki pendekatan dan tingkat kerumitan yang berbeda," ucap Taqwa. 

Jika merasa kesulitan, pemilik mobil matik bisa segera menghubungi mekanik kepercayaan atau teknisi resmi untuk membantu towing mobil ke bengkel pilihan.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X