Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tepat Bersihkan Jok Mobil yang Terendam Banjir

Kompas.com - 03/01/2020, 17:39 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir yang melanda sebagian besar wilayah Jabodetabek menyebabkan banyak mobil terendam. Air yang masuk ke dalam kabin tentu akan membuat jok menjadi kotor bahkan meninggalkan bau tak sedap.

Yussanto, Business Development Manager Lederlux Synthetic Leather, mengatakan, untuk jok mobil yang sudah terendam air, langkah pertama yang paling penting adalah mengeringkan bagian busa atau foam original-nya.

Baca juga: Penanganan Pertama Bersihkan Kabin Mobil yang Kebanjiran

"Bagian jok harus dibongkar total. Lalu, tekan atau injak-injak busa jok agar air keluar," ujar Yussanto, ketika dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Jeep Rubicon terendam banjir di rumah anak Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Dimaz Raditya Soesatyo, di Kemang, Jakarta, Kamis (2/1/2020).Dokumen pribadi Bambang Soesatyo Jeep Rubicon terendam banjir di rumah anak Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Dimaz Raditya Soesatyo, di Kemang, Jakarta, Kamis (2/1/2020).

Setelah itu, Yussanto menambahkan, gantung busa jok dan gunakan blower yang cukup besar untuk meniup busa tersebut. Tujuannya adalah untuk menghilangkan hawa lembab yang ada di busa jok.

"Cara ini memang membutuhkan waktu yang lama. Namun, sangat penting untuk dilakukan dengan benar," kata Yussanto.

Baca juga: Cara Mendeteksi Lebih Detail Mobil Bekas yang Pernah Terendam Banjir

Sementara untuk cover joknya, sebaiknya juga dikeringkan dengan cara digantung. Tapi, untuk foam yang ada pada lapisan cover jok, Yussanto menyarankan untuk menggantinya saja.

"Sebab, sudah tidak bisa sempurna dan berbau. Foam ini mudah didapatkan di tukang jok. Tapi, kalau busa jok original-nya biasanya agak suah dicari gantinya. Kalau pun ada, biasanya mahal," ujar Yussanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com