Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daftar Kecelakaan Terparah di Jalan Tol, Korban Tewas Belasan Orang

Kompas.com - 11/12/2019, 14:47 WIB
Ari Purnomo,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan yang melibatkan kendaraan bermotor bisa terjadi di mana saja, termasuk di jalan tol.

Sepanjang tahun 2019 sejumlah kecelakaan maut terjadi di jalan tol. Ada tragedi kecelakaan yang paling parah hingga menyebabkan belasan korban meninggal.

Berikut deretan kecelakaan terparah yang terjadi di jalan tol sepanjang tahun 2019.

1. Minibus VS Truk di tol Cipali 6 korban meninggal

Di awal bulan ini kecelakaan maut terjadi di Tol Cipali, tepatnya di kilometer 113.200 jalur B Kampung Haniwung, Desa Gembor, Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Minggu (1/12/2019).

Kecelakaan ini melibatkan sebuah minibus Toyota Avanza B 1076 PVC truk fuso B 9556 UIO. akibat kejadian tersebut, sedikitnya enam orang tewas dan satu luka berat dalam kecelakaan itu.

Kasat Lantas Polres Subang AKP Bambang Sumitro mengatakan, kecelakaan bermula saat minibus Toyota Avanza B 1076 PVC yang dikemudikan Sutarno melaju dari arah Palimanan menuju arah Cikopo menabrak truk fuso B 9556 UIO yang dikemudikan Imron Fauzi dari belakang.

"Diduga sopir minibus Toyota Avanza kurang konsentrasi, tidak memperhatikan adanya kendaraan yang ada di depannya," kata Bambang dihubungi melalui telepon, Senin (2/12/2019).

Baca juga: Korban Kecelakaan Tol Cipali Ini Mulanya Ogah Liburan ke Dieng

2. APV pecah ban di tol Jagorawi, tiga orang meninggal

Sedikitnya tiga orang meninggal dunia dalam kecelakaan tunggal mobil Suzuki APV nopol F 1196 DH di ruas jalan tol Jagorawi, KM 36+600 Sentul, Kabupaten Bogor, Minggu (15/9/2019).

Marketing and Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Regional Jabodetabek-Jabar Irra Susiyanti mengatakan, kecelakaan terjadi akibat ban belakang mobil alami pecah ban sehingga hilang kendali dan terguling.

"Penyebab kecelakaan adalah pecah ban belakang, sehingga kendaraan oleng dan terguling. Terdapat tiga korban jiwa dan langsung dilarikan ke RSUD Ciawi. Korban luka-luka dibawa ke RS EMC Sentul dan RS Bina Husada Cibinong," ujar Irra.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP M Fadli Amri mengatakan, data sementara ada 9 korban.

"Tiga orang meninggal dunia di tempat, 3 orang luka berat, dan 3 orang luka ringan," ujar dia.

Baca juga: Belajar Dari Kecelakaan Tol Jagorawi, Begini Antisipasi Ban Pecah

3. Kecelakaan di tol Purbaleunyi, tewaskan 8 orang


Kecelakaan yang terjadi di jalan tol Purbaleunyi, kilometer 92 pada Senin (2/9/2019) bisa dikatakan menjadi yang terparah di tahun 2019 ini. Pasalnya, selain melibatkan 21 kendaraan, kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 12.30 WIB ini juga menewaskan delapan orang.

Dirgakkum Korlantas Mabes Polri Brigjen Pol Pujiyono Dulrachman menjelaskan, kecelakaan beruntun tersebut bermula dari kecelakaan tunggal dump truk yang terbalik di kilometer 92.

Kemudian, saat ada empat kendaraan sedang mengantre menunggu evakuasi dump truk yang terbalik, ada dump truk lain bermuatan tanah yang hilang kendali karena rem blong.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com