Akselerasi PLN Sambut Era Kendaraan Listrik

Kompas.com - 28/10/2019, 15:14 WIB
Charging station milik BPPT untuk kendaraan listirik. stanlyCharging station milik BPPT untuk kendaraan listirik.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN memastikan komitmennya untuk mendukung era kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia.

Hal tersebut ditunjukkannya dengan cara membangun dan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Kini, berbagai daerah, khususnya Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, PLN telah menggagas pembangunan tersebut.

"SPLU itu untuk kebutuhan berkapasitas rendah seperti pedagang, sepeda, atau motor listrik. Sedangkan SPKLU itu dihadirkan untuk mobil listrik. Saat ini sudah 1.900 SPLU yang tersebar di 3.000 lokasi di Indonesia," kata General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya M Ikhsan Asaad di keterangan resminya, Senin (28/10/2019).

Baca juga: PLN Ajak Banyak Pihak Ikut Dirikan SPKLU

Mitsubishi sambut charging station BPPT Mitsubishi sambut charging station BPPT

Sementara SPKLU, hingga akhir tahun ini PLN berencana membangunnya sebanyak 22 unit, dan 167 unit lagi pada 2020 di seluruh Indonesia.

"Sehingga warga yang sudah menggunakan kendaraan listrik tidak perlu khawatir kehabisan sumber energi penggerak kendaraannya," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak sampai di sana, PLN juga akan menyiapkan setidaknya satu unit ultra-fastcharging 150 kW dan 10 unit fast-charger 60 kW. "Waktu charging kira-kira sekitar 30 - 40 menit untuk fast-charging," ujar dia.

Baca juga: Standar SPKLU Bakal DIbuat Mirip dengan SPBU

Simulasi pengisian bahan bakar listrik mobil Hybrid BMW i8  saat acara penyerahan kunci di Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (20/4/2017). Penyerahan unit pertama kali dilakukan oleh BMW dengan penyerahan kunci secara resmi oleh President Director BMW Group Indonesia Karin Lim kepada pemilik pertamanya.KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Simulasi pengisian bahan bakar listrik mobil Hybrid BMW i8 saat acara penyerahan kunci di Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (20/4/2017). Penyerahan unit pertama kali dilakukan oleh BMW dengan penyerahan kunci secara resmi oleh President Director BMW Group Indonesia Karin Lim kepada pemilik pertamanya.

Saat ini, fasilitas pengisian listrik jenis fast charging sudah hadir di pangkalan Blue Bird, nantinya akan hadir di pusat perbelanjaan modern seperti Senayan City maupun Pondok Indah Mall.

“Kami juga menghadirkan berbagai insentif bagi konsumen yang tercatat mempunyai kendaraan listrik. Kami sadar harus menjadi trigger, agar dapat memassalkan penggunaan kendaraan yang ramah lingkungan tersebut,” ujar Ikhsan.

Satu diantaranya ialah program diskon tarif listrik 30% bagi pemilik mobil listrik pada pukul 22.00 - 04.00 waktu setempat. Diskon berlaku dari Agustus sampai Desember 2019.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.