Kompas.com - 24/09/2019, 10:54 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan Listrik Negara (PLN) sedang menyiapkan SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) di sejumlah titik. PLN pun mengatakan sedang melakukan standarisasi SPKLU.

"Kita sekarang sedang merancang standarisasinya seperti apa. SPKLU itu nanti mirip-mirip SPBU," kata Senior Manager General Affairs PLN UID Jakarta Raya, Tris Yanuarsyah yang ditemui akhir pekan lalu.

Baca juga: Bagaimana Bayar Cas Kendaraan Listrik di SPKLU?

Salah satu standarisasi yang dilakukan, kata Tris, yaitu mengenai bangunan. Di tempat tersebut, akan tersedia beberapa stasiun pengisian daya untuk kendaraan listrik, baik mobil, motor, atau mungkin bus.

"Mirip-mirip SPBU bangunan seperti itu pasti SPKLU," katanya.

Baca juga: PLN Akan Luncurkan SPKLU di Tempat Khusus

Di kesempatan terpisah, Ikhsan Asaad, General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya), menyebutkan bahwa PLN akan meluncurkan stasiun pengisian khusus kendaraan listrik pada tanggal 27 Oktober 2019.

SPKLU akan tersedia di beberapa kota seperti Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, dan Makassar.

Saat ini PLN sudah memiliki lebih dari 7.000 SPLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum), dengan 1.922 SPLU di antaranya berada di Jakarta.

Namun SPLU berbeda dengan SPKLU yang dibuat khusus untuk pengisian daya kendaraan listrik. Ikhsan pun belum bisa mengonfirmasi berapa jumlah SPKLU yang akan didirikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.