Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fenomena Jimny Bekas Rp 500 Juta Bisa Bertahan Lama

Kompas.com - 15/10/2019, 08:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Antrean panjang pesanan generasi terbaru Suzuki Jimny kini kerap dimanfaatkan sebagian orang untuk meraih keuntungan melalui penjualan kembali mobil dengan banderol yang jauh lebih tinggi.

Dihimpun dari berbagai sumber, tidak sedikit yang menghargai sport utility vehicle (SUV) legendaris asal Jepang ini hingga Rp 500 juta. Padahal, harga baru yang ditawarkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ialah Rp 353 juta on the road Jakarta.

Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih, menyatakan, fenomena ini memang sudah tidak aneh lagi untuk mobil yang indennya memakan waktu lama. Apalagi, Jimny generasi keempat sekarang antreannya sudah berkisar tiga sampai empat tahun.

Baca juga: Harga Jimny Bekas Tembus Rp 500 Juta, Lebih Mahal dari Barunya

Test Drive Suzuki JimnySTANLY RAVEL-KOMPAS.com Test Drive Suzuki Jimny

"Beberapa waktu lalu kami juga sempat terima, dan langsung laku mobilnya. Ini memang kerap menjadi bisnis tersendiri, terlebih Jimny adalah salah satu mobil yang ikonik dan tak banyak di Indonesia," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Senin (14/10/2019).

Herjanto memperkirakan fenomena ini akan terus berlangsung hingga dua tahun lebih, mengingat Jimny bermain di mobil penghobi dan kuota untuk Indonesia tidak banyak.

"Xpander dahulu sempat satu tahun lebih sedikit, sekarang saya perkirakan Jimny akan terus paling tidak dua tahun akan seperti ini. Harganya bisa jadi semakin mahal," katanya.

"Biasanya, mobil akan dijual pribadi dahulu sebelum masuk pasar mobil bekas (mobkas). Saya imbau, bagi yang tidak melalui pihak ketiga, hati-hati ketika ingin menggarasikan unit. Selalu lakukan pengecekan kembali ke diler," ucapnya.

Baca juga: Siap-siap, Harga Jimny Bisa Lebih Murah

Suzuki Jimny Konsep di GIIAS 2019 Suzuki Jimny Konsep di GIIAS 2019

Sebelumnya, salah satu pembeli Jimny melalui akun instagram @bisaboy menawarkan mobil berpenggerak 4x4 tersebut seharga Rp 500 juta. Kondisinya masih terawat, jarak tempuh di odometer masih mencapai 1.600 km.

Dalam keterangannya, Jimny bertransmisi otomatis yang sudah menggunakan ban tipe M/T sebanyak lima buah. Sistem audio juga terlihat sudah dioprek dan interiornya telah dilapisi nano coating.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com