Siap-siap, Harga Jimny Bisa Lebih Murah

Kompas.com - 01/10/2019, 17:22 WIB
Suzuki Jimny di GIIAS 2019 Suzuki Jimny di GIIAS 2019
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS - Harmonisasi skema pajak kendaraan berdasarkan emisi gas buang, menjadi angin segar bagi sebagai pabrikan mobil, termasuk PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Pasalnya, dengan aturan tersebut kapasitas mesin tak lagi menjadi hitungan besaran pajak, begitu juga soal sistem penggerak mobil. Semakin rendah emisinya, makin rendah tarif pajak kendaraannya.

Nah, bagi konsumen yang minat dengan generasi baru Jimny, hal ini juga menjadi kabar baik lantaran pajak untuk 4x4 pada mobil legendaris tersebut akan dipangkas.

Baca juga: Jajal All New Suzuki Jimny di Lintasan Offroad [VIDEO]

"Adanya aturan baru carbon emmission tex bisa menurunkan pajak 4x4. Sekarang kan kita kena 30 persen untuk 4x4, jadi kalau aturan tersebut sudah diundangkan besar kemungkinan ada reduksi harga," kata Direktur Pemasaran Roda 4 PT SIS Donny Saputra di Tangerang, Senin (30/9/2019).

Test Drive Suzuki Jimny Test Drive Suzuki Jimny

Saat ditanya berapa kisaran penyusutannya, Donny mengatakan jumlahnya lumayan besar, bisa mencapai 15 persen dari harga Jimny saat ini yang sudah naik Rp 20 juta akibat bea balik nama (BBN).

Bila dijabarkan, artinya dengan penurunan 15 persen, Jimny varian bawah bertransmisi manual yang saat ini dibanderol mencapai Rp 335,5 juta bisa degradasi sampai Rp 30 jutaan lebih.

"Itu hanya estimasi, karena untuk mencapai 15 persen penurunan 4x4 nanti ada hitung-hitungannya lagi, teknis itu kita belum dapat karena memang belum ada. Kalau turunnya 15 persen, bisa Rp 20 jutaan sampai Rp 30 jutaan, tapi itu hanya estimasi ya," kata Donny.

Harga Naik

Donny juga menyampaikan bila pada September 2019 lalu ada kenaikan harga dari seluruh produk Suzuki, untuk Jimny sendiri revisi harga mencapai Rp 20 juta. Harga tersebut juga berlaku bagi konsumen yang sudah melakukan pemesanan Jimny.

Baca juga: Bila Diproduksi Lokal, Suzuki Jimny Tetap 4x4

Test Drive Suzuki Jimny Test Drive Suzuki Jimny

Artinya, konsumen yang sudah memesan Jimny namun sampai saat ini unitnya belum tiba, tetap akan ikut dalam kenaikan harga tersebut.

"Kita sudah ada perjanjian dengan konsumen yang melakukan pemesanan, jadi harga akan mengikuti regulasi, termasuk soal pajak NJKB yang tiap tahun selalu naik," ujar Donny.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X