Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Akan Luncurkan SPKLU di Tempat Khusus

Kompas.com - 12/09/2019, 10:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk meyakinkan masyarakat mengenai infrastruktur kendaraan listrik, Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan menunjukkan komitmennya dengan membangun SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum). SPKLU ini nantinya akan memiliki konsep yang sama seperti SPBU (Stasiun Pengisian Bensin Umum).

Jadi, SPKLU ini akan berada di satu tempat khusus. Di tempat tersebut, akan tersedia beberapa SPKLU, yang sesuai namanya, memang untuk kendaraan listrik, baik mobil, motor, atau mungkin bus sekalipun.

Baca juga: PLN Sudah Punya 7.000 Lebih SPLU di Indonesia

Ikhsan Asaad, General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya), menyebutkan bahwa PLN akan meluncurkan stasiun pengisian khusus kendaraan listrik pada tanggal 27 Oktober 2019.

PLN akan bangun SPKLU di tempat khusus.Kompas.com/Donny PLN akan bangun SPKLU di tempat khusus.

"Akan ada di beberapa tempat, bukan hanya di Jakarta, tapi juga di Bandung, Bali, Surabaya, dan Makassar," ujar Ikhsan, saat seminar dalam pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019, di Balai Kartini, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sekarang ini, PLN sudah memiliki lebih dari 7.000 SPLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum), dengan 1.922 SPLU di antaranya berada di Jakarta.

Baca juga: Apa Perbedaan SPLU dengan SPKLU buat Kendaraan Listrik?

Namun, itu masih SPLU, yang bisa dipakai juga untuk kepentingan lain selain mengisi daya kendaraan listrik. Untuk SPKLU, PLN belum menyebutkan ada berapa jumlah yang sudah mereka dirikan di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com