Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Belum Ada, PLN Sudah Sediakan 30 SPLU di Babel

Kompas.com - 07/09/2019, 07:41 WIB
Heru Dahnur ,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Kepulauan Bangka Belitung saat ini belum memiliki mobil listrik untuk pengguna per orangan maupun instansi. Namun, puluhan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) telah dibangun sejak setahun terakhir.

"Sudah 30 SPLU yang dibangun di Bangka dan Belitung. Meskipun belum ada mobil listrik, tapi nanti akan masuk eranya kendaraan listrik," kata General Manager PLN UIW Babel Abdul Mukhlis saat kunjungan hari pelanggan nasional di Bandara Depati Amir Pangkal Pinang, Rabu (4/9/2019).

Baca juga: Tahun Depan, Pertamina Punya SPLU Khusus Kendaraan Listrik

Abdul menuturkan, SPLU yang sudah dibangun tidak hanya untuk mobil listrik, tapi juga untuk sepeda motor listrik yang penggunanya cukup banyak di Kepulauan Bangka Belitung. Selain itu di SPLU masyarakat juga bisa mengisi token listrik rumah tangga.

"SPLU ini akan terus ditambah sesuai kebutuhan masyarakat. Bahkan nantinya cukup pakai kartu ada chipnya, jadi semakin mudah," ujar Abdul.

Baca juga: Mobil Listrik Tesla Enggak Bisa “Ngecas” di SPLU

PLN Bangka Belitung optimistis menyambut era kendaraan listrik maupun peralatan memasak dengan listrik karena adanya surplus energi.

Saat ini tercatat daya mampu listrik sistem Bangka sebesar 184 MW dengan beban puncak 158 MW. Sementara Belitung daya mampu 51 MW dengan beban 43 MW.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com