Simak Perbedaan Operasi Patuh, Zebra dan Simpatik

Kompas.com - 27/08/2019, 14:51 WIB
Jajaran aparat kepolisian dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar Operasi Patuh Jaya 2016 di Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta pada Jumat (20/5/2016). Akhdi martin pratamaJajaran aparat kepolisian dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar Operasi Patuh Jaya 2016 di Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta pada Jumat (20/5/2016).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ditlantas Polda Metro Jaya akan menggelar Operasi Patuh Jaya mulai 29 Agustus hingga 11 September 2019.

Kegiatan ini akan melakukan razia kepada pengguna jalan raya, termasuk sepeda motor yang melawan arus, hingga kendaraan yang menggunakan rotator dan sirine.

Baca juga: Operasi Patuh Jaya, Nekat Pakai Rotator Pengemudi Bisa Dipenjara

Selain Operasi Patuh, kepolisian punya beberapa operasi lain yang sering kita dengar seperti Operasi Simpatik, Operasi Zebra, hingga Operasi Ketupat dan Operasi Lilin. Lantas apa perbedaannya?

"Perbedaannya ialah tingkatan (pesentase) tindakan hukum dan waktu pelaksanaan," kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin kepada Kompas.com, Selasa (27/8/2019).

Seorang anak mendapatkan helm gratis dari Polisi dalam operasi simpatik di Kabupaten Probolinggo. Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol Seorang anak mendapatkan helm gratis dari Polisi dalam operasi simpatik di Kabupaten Probolinggo.

Operasi Simpatik

Operasi Simpatik pada awalnya dilakukan menjelang Hari Ulang Tahun Korps Bhayangkara atau Polri. Operasi ini dilakukan dengan cara-cara simpatik untuk menggugah kesadaran pengendara.

Karena digunakan untuk meningkatkan kesadaran berlalu-lintas, tindakan hukum yang dilakukan kepada pelanggar tidak sebesar operasi lain.

"Pada Operasi Simpatik itu hampir tidak ada tindakan hukum, jadi hanya mengingatkan. Penindakan hanya 20 persen sisanya pemberitahuan. Simpatik itu cenderung dalam rangka persiapan HUT Polri biasanya," kata Benyamin.

Seorang pengendara sepeda motor ditilang polisi saat terjaring Operasi Zebra di Jalan Margonda Depok, Kamis (1/11/2018). Kompascom/Cynthia Lova Seorang pengendara sepeda motor ditilang polisi saat terjaring Operasi Zebra di Jalan Margonda Depok, Kamis (1/11/2018).

Operasi Zebra

Operasi Zebra ialah operasi cipta kondisi untuk menjaga situasi aman dan kondusif. Operasi tersebut mengambil nama dari jalur atau perlintasan zebra yakni Zebra Cross.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X