Sedikit Cara buat Optimalkan Efisiensi BBM

Kompas.com - 18/01/2019, 12:16 WIB
Menjajal tujuh ruas tol baru di Jawa Timur dan Jawa Tengah bersama Mitsubishi Xpander MMKSIMenjajal tujuh ruas tol baru di Jawa Timur dan Jawa Tengah bersama Mitsubishi Xpander
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menghemat pengeluaran bahan bakar minyak (BBM) ketika mengemudikan mobil, menjadi salah satu tujuan para pengemudi. Tentunya, agar bisa efisiensi pengeluaran dalam hal membeli bensin.

Perlu diingat bahwa salah satu faktor efisiensi BBM, yaitu selain mobil, juga dipengaruhi oleh gaya berkendara seseorang. Berikut tips berkendara yang bisa menghemat BBM:

- Menjaga Putaran Mesin

Umumnya, torsi paling efisien mesin berada pada rentang putaran mesin 2.000-3.000 rpm. Lakukan perpindahan gigi pada rentang putaran mesin itu. Jika putaran mesin terlalu tinggi, maka suplai bensin ke ruang bakar akan makin banyak.

Tetapi jika terlalu rendah, butuh injakan pedal gas yang lebih dalam untuk menambah kecepatan.

- Mengemudi Cerdas

Jangan biasakan mengemudi dengan agresif. Lebih bijak dalam menginjak pedal gas dapat menghemat bahan bakar. Saat di jalan tol, usahakan melaju konstan di kecepatan 60-70 km/jam. Ini adalah kecepatan ideal untuk efisiensi bahan bakar.

Baca juga: Benarkah Posisi Transmisi Aktif saat Mobil Berhenti Bikin Boros BBM?

Jika Anda melaju di kecepatan 100 km/jam akan menggunakan bahan bakar sekitar 15 persen lebih banyak ketimbang melaju pada 80 km/jam.

- Hindari Akselerasi dan Pengereman Mendadak

Akselerasi atau melaju dengan konstan membuat suplai bahan bakar juga konstan. Akselerasi mendadak dapat membuat ECU memerintahkan untuk menyuplai bensin hingga maksimal.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X