Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenalkan, Honda C70 "Papa Jahat" Bermesin 600 cc

Kompas.com - 03/09/2018, 08:42 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara soal modifikasi memang sudah biasa, namun lain halnya dengan melakukan kustom pada sepeda motor. Bila modifikasi kebanyakan sekadar menambahkan apa yang sudah ada, maka level kustom lebih merancang bangun dari nol hingga menjadi sebuah karya baru.

Patokan dari sebuah karya kustom sepeda motor memang tidak menentu, ada yang out of the box ada pula yang menjadi nyeleneh. Contohnya seperti yang dilakukan Irwann Cheng, builder kawakan asal Malaysia yang merombak jantung pacu Honda bebek C70 menggunakan mesin berkubikasi 600 cc milik Honda XR600R.

Sekilas, tampilan rombakannya seperti steertcub stock biasa dengan kesan yang lebih rapih dan minimalis. Namun saat menengok mesi, bakal kaget dengan silinder head yang berdiri tegak, dan membuat sesak ruang mesinnya.

Mesin 600 cc milik Honda XR600R dipaksa masuk ke ruang sempit C70Pipeburn.com Mesin 600 cc milik Honda XR600R dipaksa masuk ke ruang sempit C70
Baca juga: Suzuki Thunder Chopper 70s Jadi Motor Kustom Terbaik di Bali

Irwann mengatakan bila bebek lawas ini diberi nama "Papa Jahat". Proyek pengerjaannya pun memang cukup kompleks, karena tidak mudah menjejali mesin moge 600 cc single silinder pada motor bebek yang notabennya hanya memiliki kubikasi 71,8 cc ini.

"Sebelumnya, saya sudah melihat Maru Motorcycles di Jepang menempatkan mesin 250 cc pada C70. Saya ingin lebih dari itu, menempatkan mesin yang jauh lebih besar namun tetap mempertahankan bingkai (rangka) dari mesin tidur C70," kata Irwann yang dikutip dari Pipeburn.com.


Proses aplikasi mesin Honda XR600R memakan banyak perubahan, salah satunya sampai mengubah sektor sasis agar lebih kokoh. Selain itu juga menempatan tiang-tiang penyangga mesin, termasuk membuat ulang frame atas agar lebih tinggi dari sebelumnya.

Baca juga: Motor Stok Lawas, Sabet Juara Modifikasi di Semarang

Efeknya tentu saja membuat kapasaitas tangki menjadi berkurang. Irwaan sengaja tak mau membuat ulang tangki karena untuk mempertahankan tampilan sasis standar C70.

Honda C70 Papa Jahat asal MalaysiaPipeburn.com Honda C70 Papa Jahat asal Malaysia

Sedikit peremajaan juga dilakukan pada sektor tampilan depan. Wajah asli dengan headlamp bulat dirombak menggunakan model kotak dengan warna kuning, kemudi pun dibuat naked tanpa penutup. Menariknya lagi, kesan retro tetap ditonjolkan melalui keranjang besi yang menempel pada sok depannya, namun buntut belakang harus disunat agar kesan gahar sedikit keluar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com