Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Motor Mulai Kena Dampak Dollar AS

Kompas.com - 30/08/2018, 13:02 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penguatan nilai tukar dollar Amerika Serikat terhadap rupiah mulai berdampak ke harga sepeda motor. Produsen kini mulai berencana, bahkan ada yang sudah menaikan harga.

Produsen motor merek Viar, PT Triangle Motorindo menyatakan tengah berencana menaikan harga motornya dalam waktu dekat. Saat ini Viar membanderol produknya dari mulai Rp 10 jutaan hingga yang paling mahal Rp 50 jutaan.

"Naiknya tidak banyak. Cuma 2-3 persen," kata Direktur Marketing PT Triangle Sutjipto Atmodjo di Jakarta, Minggu (26/8/2018).

Baca juga: Pilihan Motor Skutik di Agustus 2018, Banyak yang Naik Harga

Deretan sepeda motor listrik Viar Q1 yang dibawa ke sebuah acara yang digelar di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Minggu (26/8/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan sepeda motor listrik Viar Q1 yang dibawa ke sebuah acara yang digelar di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Minggu (26/8/2018).

Kebijakan menaikan harga juga dilakukan produsen besar seperti Yamaha Indonesia Motor Manufacturing dan Astra Honda Motor. Mengacu pada harga terbaru per Agustus 2018, beberapa unit produk Yamaha dan Honda memang terpantau mengalami kenaikan harga dibanding bulan sebelumnya.

Saat dikonfirmasi, Manager Marketing and Public Relation YIMM Antonius Widiantoro membenarkan kenaikan harga tersebut karena naiknya nilai tukar dollar AS.

Baca juga: Ragam dan Kenaikan Harga Motor Sport 150 cc di Agustus 2018

"Internal strategi. Jadi memang ada penyesuaikan harga," ucap Anton.

Hingga per Kamis (30/8/2018), nilai tukar rupiah rupiah mengacu Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) dilaporkan melemah 0,08 persen ke Rp 14.655 per dollar AS. Meski indeks dollar sempat dilaporkan turun, rupiah dinilai gagal memanfaatkan kondisi. Sehingga makin melemah dan mencatat level terendah baru tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com