Kompas.com - 02/08/2018, 12:47 WIB
Preaiden Joko Widodo saat menghadiri GIIAS 2018 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (2/8/2018). Fabian Januarius KuwadoPreaiden Joko Widodo saat menghadiri GIIAS 2018 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (2/8/2018).
Penulis Alsadad Rudi
|
 
 
TANGERANG, KOMPAS.com - Produsen otomotif lokal Esemka dikabarkan sedang membangun pabrik yang berlokasi di Boyolali, Jawa Tengah. Di lokasi itulah nantinya Esemka disebut-sebut akan memproduksi mobil untuk dipasarkan.
 
Usai membuka pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE, BSD City, Tangerang, Kamis (2/8/2018), Presiden Joko Widodo sempat dimintai pendapat mengenai perkembangan mobil yang sering dikait-kaitkan dengan dirinya itu. Seperti diketahui, saat masih menjabat sebagai Wali Kota Solo, Jokowi memang pernah menggunakan Esemka sebagai mobil dinasnya.
 
Jokowi sendiri menilai saat ini persaingan di industri mobil semakin ketat. Ia menilai tidak semua mobil punya desain bagus yang bisa diterima pasar. Belum lagi urusan harga jual.
 
 
SUV misterius di parkiran pusat perbelanjaan. Mirip dengan ESEMKA Garuda 1ISTIMEWA SUV misterius di parkiran pusat perbelanjaan. Mirip dengan ESEMKA Garuda 1
 
"Harganya enggak kompetitif, masuk pasarnya juga sulit. Artinya terserah Esemka sendiri. Karena Esemka sekarang sudah diambil alih oleh industri," kata Jokowi.
 
Menurut Jokowi, kalau nantinya Esemka sudah memproduksi mobil dan bersaing di industri, ia berjanji pemerintah akan mendukung. Sebab walau bagaimanapun juga Esemka adalah merek lokal yang perlu didukung untuk berkembang.
 
 
"Kalau memang nantinya Esemka pabriknya sudah jadi dan bisa memproduksi, silahkan. Karena itu kewajiban pemerintah untuk terus mendorong agar industri otomotif berkembang," ucap Jokowi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X