Soal Nasib Esemka, Begini Jawaban Presiden Jokowi

Kompas.com - 19/04/2018, 13:02 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo mendapat pertanyaan seputar nasib mobil Esemka saat ini. Pertanyaan dilontarkan para pewarta saat Jokowi datang ke pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Menurut Jokowi, sebuah produk harus melalui tahap riset dan uji coba sebelum masuk ke industri. Jokowi menilai, proses tersebut tidak memakan waktu yang sebentar.

Baca juga: Jokowi Minta Mobil Perdesaan Segera Produksi

"Nanti dilihat apakah Esemka bisa masuk ke industri apa tidak. Bisa masuk ke industri, tetapi bisa dipasarkan atau tidak, nanti kita lihat," kata Jokowi.

Presiden Joko Widodo menghadiri ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018). KOMPAS.com/Ihsanuddin Presiden Joko Widodo menghadiri ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Jokowi menyatakan, pemerintah saat ini tengah mempercepat penyusunan peraturan terbaru yang berkaitan dengan industri otomotif ini. Ia berharap peraturan terbaru yang ada nantinya bisa mendorong berkembangnya produsen lokal, seperti Esemka.

"Regulasi-regulasi yang ada kita sederhanakan. Urusan yang berkaitan dengan uji layak, uji emisi harus dipercepat," ucap Jokowi.

Esemka adalah merek mobil lokal yang sering dikait-kaitkan dengan Jokowi. Sebab, semasa masih jadi Wali Kota Solo, Jokowi pernah menggunakan Esemka sebagai mobil dinasnya.

Baca juga: Jokowi, Presiden Multi Moda Otomotif

Namun, seiring berjalannya waktu, nama Esemka perlahan menghilang dan hanya muncul sesekali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.