Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Menomorduakan Merek Otomotif Asing di GIIAS

Kompas.com - 02/08/2018, 12:01 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Usai meresmikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE, BSD, Tangerang, Kamis (2/8/2018), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menomor duakan produsen otomotif asing. Dia langsung bergerak menuju hall 3 untuk melihat langsung Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes).

Biasanya, pejabat yang membuka pameran otomotif tahunan itu setelah meresmikan, langsung menuju ke hal produsen otomotif asing seperti Toyota, Honda, Mitsubishi, Suzuki, dan lain sebagainya.

Jokowi didampingi para petinggi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Astra International, dan beberapa orang dari PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI).

Sampai di lokasi, Jokowi langsung duduk di salah satu mobil perdesaan karya anak bangsa ditemani oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Baca juga: Jokowi Resmi Luncurkan AMMDes, si Mobil Desa

“Kalau duduk merasa nyaman sekali,” ucap Jokowi singkat kepada media, Kamis, (2/8/2018).

Setelah itu, orang nomor satu di Indonesia itu kembali bergerak ke kendaraan bus bahkan sempat masuk ke bus punya Laksana.

AMMDes merupakan mobil desa, buatan PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) dan PT Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD). Sesuai namanya, mobil ini diciptakan untuk membantu aktivitas yang berkaitan dengan perekonomian desa.

Geser ke Asing

Setelah melihat kendaraan perdesaan yang dibuat oleh anak bangsa, Jokowi baru mengunjungi hall 10 yang dijejali merek-merek otomotif asing. Stan merek otomotif asing yang dikunjungi juga hanya beberapa, seperti Toyota, Suzuki langsung melihat Jimny generasi terbaru dan berbincang-bincang dengan petinggi dari Indomobil.

Setelah itu bertolak menuju Daihatsu untuk melihat mobil konsep. Jokowi juga mengunjungi stan merek asal China, Wuling dan DFSK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com