Suzuki Mobil Lagi di Atas Angin

Kompas.com - 23/08/2017, 15:22 WIB
KompasOtomotif-Suzuki Baleno hatchback resmi meluncur di GIIAS 2017. Donny Apriliananda/KompasOtomotifKompasOtomotif-Suzuki Baleno hatchback resmi meluncur di GIIAS 2017.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotifSuzuki mobil sedang di atas angin saat ini. Produk demi produk meluncur, dan masing-masing mendapat ”tempat yang layak” di segmen yang digeluti. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pun bersiap merevisi target hingga akhir tahun berkat peningkatan demand mobil terbaru.

Sejak awal tahun, SIS 4 wheels (4W) sudah mencanangkan kenaikan penjualan 10 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Jika sampai akhir 2016 hampir 100.000 mobil Suzuki terjual, artinya bahwa tahun ini paling tidak penjualan mencapai 110.000 unit.

”Kalau dari perolehan semester pertama ditambah hasil bulan lalu, kami harus melakukan revisi. Naiknya berapa? Nanti diomongin internal,” ucap Donny Saputra, Direktur Pemasaran SIS belum lama ini di GIIAS 2017.

Suzuki memang cukup sukses mempertahankan Ertiga yang masih menjadi tulang punggung. Tambahan tipe diesel hybrid membuat eksistensi small MPV ini paling stabil dibandingkan kompetitor.

Suzuki Ignis GL AGSAditya Maulana - Otomania Suzuki Ignis GL AGS
Hadirnya Ignis juga sangat mendongkrak, karena model ini stabil menyumbang 1.500-2.000 unit per bulan. SIS sudah menambah satu varian, GL AGS yang diperkirakan makin memeprtajam perolehan penjualan.

Belum lagi dengan Baleno yang diharapkan mencuri posisi di segmen hatchback. SIS menargetkan pangsa pasar 10 persen untuk Baleno di kategori hatchback Indonesia.

Dari data Gaikindo sampai Juli 2017, Suzuki sudah menggelontor 62.000-an unit mobil. Masih ada lima bulan untuk sampai akhir tahun.

Selama ini, Suzuki stabil membukukan 10.000-an unit sebulan dari total model yang terjual. Itu pun belum ditambah dengan Baleno dan kabarnya, masih ada model simpanan yang akan meluncur di akhir tahun.

Maka, jika tanpa Baleno dan model simpanan saja, proyeksi hingga akhir tahun sudah mencapai target 110.000 unit, hasil dari perolehan rata-trata 10.000 unit dikali lima bulan berjalan. Baleno dan model baru tentu akan makin menambah porsi Suzuki.

Soal market share, target SIS tahun ini adalah naik 0,5 persen menjadi 10,5 persen di pasar mobil nasional. Tahun lalu Suzuki finish di 9,1 persen. ”Kabar gembiranya, April naik jadi 9,6 persen, lalu naik pada Juni dengan 10,4 persen (market share). Kami berharap bisa dipertahankan sampai akhir tahun,” ujar Makmur, Direktur Penjualan SIS.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X