Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Rangkul Bengkel Umum buat Servis Motor dan Mobil

Kompas.com - 18/08/2017, 20:41 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Semakin luasnya jangkauan distribusi sepeda motor dan mobil Suzuki membuat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) perlu mengambil langkah strategis demi memperkuat layanan servis dan purnajual. Bengkel umum pun digandeng dan diberi label Bengkel Mitra Suzuki (BMS), meski harus melalui tahapan tertentu.

Inilah strategi yang sudah diterapkan SIS sejak 2017. BMS bekerjasama dengan main dealer Suzuki yang ada di area bengkel-bengkel umum tersebut berada. Melalui sejumlah proses pelatihan khusus, peluang kerjasama memungkinkan bengkel umum lebih cakap menangani berbagai kendaraan Suzuki.

”Kami melihat potensi BMS sebagai bagian dalam memberikan pelayanan terbaik para konsumen pemilik mobil dan motor Suzuki. Bisa dikatakan juga ini adalah sistem ’jemput bola’ agar memudahkan konsumen mendapatkan layanan purnajual dalam jangkauan area yang lebih luas,” ujar Riecky Patrayudha Head of Service SIS, (18/8/2017), di GIIAS 2017.

Pelatihan yang diberikan SIS untuk BMS adalah meningkatkan pengetahuan mekanik terhadap produk-produk baru, keterampilan melakukan perbaikan umum, seperti penggantian kopling atau timing belt, juga kemampuan untuk perbaikan besar, seperti bongkar mesin secara menyeluruh. BMS juga mendapat petunjuk manual sebagai acuan.

Minat
Walaupun banyak bengkel umum berminat menjadi BMS, Riecky menegaskan adanya seleksi yang mengedepankan komitmen kerjasama. Syarat-syarat yang ditetapkan bagi bengkel umum yang ingin bermitra dengan Suzuki adalah lokasi strategis, memiliki NPWP, memiliki jumlah minimal stall kerja dan teknisi, memiliki alat kerja layak dan siap mengikuti pelatihan yang ditentukan.

Saat ini terdapat total 328 BMS yang tersebar di Indonesia. Jumlah itu dibagi menjadi 122 lokasi BMS roda empat. Persebarannya berada di Sumatera 43 bengkel, Sulawesi 13 bengkel, 41 bengkel di Jawa, 11 bengkel Bali/NTB/NTT, 12 bengkel di Kalimantan, serta dua untuk Indonesia Bagian Timur.

Sedangkan BMS roda dua sebanyak 206 lokasi telah berjalan pada tahun ini. Persebaran wilayah di  Sumatera 43 bengkel, Jawa 156 bengkel, dan Bali/NTB/NTT 7 bengkel.

Jika berminat, coba cari bengkel umum yang punya tanda khusus berupa plang bertuliskan ”Bengkel Mitra Suzuki”. Mekanik pun dibekali seragam.

Di sana, konsumen akan mendapatkan pelayanan untuk servis, perawatan berkala yang meliputi penggantian busi, oli mesin, oli transmisi, rem, serta pembersihan injektor/karburator. Biaya jasa servis gratis untuk pembeli mobil baru bahkan berlaku. Pengerjaan yang tak bisa dilakukan adalah warranty repair.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com