Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Suzuki Mobil Lagi di Atas Angin

Sejak awal tahun, SIS 4 wheels (4W) sudah mencanangkan kenaikan penjualan 10 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Jika sampai akhir 2016 hampir 100.000 mobil Suzuki terjual, artinya bahwa tahun ini paling tidak penjualan mencapai 110.000 unit.

”Kalau dari perolehan semester pertama ditambah hasil bulan lalu, kami harus melakukan revisi. Naiknya berapa? Nanti diomongin internal,” ucap Donny Saputra, Direktur Pemasaran SIS belum lama ini di GIIAS 2017.

Suzuki memang cukup sukses mempertahankan Ertiga yang masih menjadi tulang punggung. Tambahan tipe diesel hybrid membuat eksistensi small MPV ini paling stabil dibandingkan kompetitor.

Belum lagi dengan Baleno yang diharapkan mencuri posisi di segmen hatchback. SIS menargetkan pangsa pasar 10 persen untuk Baleno di kategori hatchback Indonesia.

Dari data Gaikindo sampai Juli 2017, Suzuki sudah menggelontor 62.000-an unit mobil. Masih ada lima bulan untuk sampai akhir tahun.

Selama ini, Suzuki stabil membukukan 10.000-an unit sebulan dari total model yang terjual. Itu pun belum ditambah dengan Baleno dan kabarnya, masih ada model simpanan yang akan meluncur di akhir tahun.

Maka, jika tanpa Baleno dan model simpanan saja, proyeksi hingga akhir tahun sudah mencapai target 110.000 unit, hasil dari perolehan rata-trata 10.000 unit dikali lima bulan berjalan. Baleno dan model baru tentu akan makin menambah porsi Suzuki.

Soal market share, target SIS tahun ini adalah naik 0,5 persen menjadi 10,5 persen di pasar mobil nasional. Tahun lalu Suzuki finish di 9,1 persen. ”Kabar gembiranya, April naik jadi 9,6 persen, lalu naik pada Juni dengan 10,4 persen (market share). Kami berharap bisa dipertahankan sampai akhir tahun,” ujar Makmur, Direktur Penjualan SIS.

https://otomotif.kompas.com/read/2017/08/23/152200615/suzuki-mobil-lagi-di-atas-angin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke