Kompas.com - 30/01/2017, 16:32 WIB
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif — Rencana pemerintah merevisi Peraturan Menteri (PM) Perhubungan No 32 Tahun 2016 tentang pembatasan kubikasi mesin taksi online sudah mendekati tahap final. Saat ini perubahan revisi siap untuk diserahkan kepada Menteri Perhubungan.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto menerangkan, saat ini hasil revisi tersebut siap diserahkan kepada Menteri Perhubungan.

"Seperti yang kemarin saya bicara, akhir bulan ini memang targetnya selesai. Mudah-mudahan sudah final, tinggal tunggu dari Pak Menteri saja nanti. Bila oke, kita mulai uji publik Februari nanti," kata Pudji saat dihubungi KompasOtomotif, Senin (30/1/2017).

Uji publik, lanjut Pudji, akan dilakukan lebih cepat dari jadwal aslinya dengan para pemangku kepentingan. "Bila merujuk dari sosialisasi awal pada Oktober 2016 lalu, harusnya itu kan Maret, tetapi kami usahakan lebih cepat," tutur Pudji.

Baca juga: Menanti Lampu Hijau LCGC untuk Taksi "Online"

Jessi Carina GrabTaxi kini berubah nama menjadi Grab. Selain itu, logo aplikasi ini juga berubah.

"Langkah ini diharapkan bisa menjadi solusi agar bisnis taksi online bisa bersaing sehat. Uji publik kita buka sesaat untuk melihat apakah ada masukan lagi. Harusnya sih tidak, karena kami sudah mencoba memfasilitasi yang kekurangan kemarin," ucap Pudji.

Ketika ditanya mengenai kepastian penurunan kapasitas mesin, Pudji hanya mengatakan agar menunggu hasil resminya. "Penurunan kubikasi kita lihat nanti saja dari hasil revisinya," ujar Pudji.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.