Kompas.com - 26/10/2016, 14:42 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Ada anggapan menggunakan ban bertekanan rendah jadi solusi agar sepeda motor tidak tergelincir saat dibawa berkendara dalam kondisi aspal basah. Ternyata, cara itu dianggap tidak aman menurut pengalaman safety riding.

Biker kerap mengurangi tekanan ban untuk berkendara saat hujan. Asumsinya, tekanan lebih rendah ban bisa membantu mendapatkan traksi lebih banyak.

Michael Gerald Gozal, Safety Riding Analyst Astra Motor, menerangkan, bikers memang mendapat permukaan tapak ban lebih lebar saat kondisinya kempis, tetapi kerugiannya kelenturan ban berubah.

“Sewaktu ban terlalu kenyal dia tidak stabil,” ucap Michael, Selasa (25/10/2016). “Ban kempis kan sebenarnya menambah lebar tapak, torsi bertambah, tapi salah satu fungsi ban yang menekan berkurang,” jelasnya lagi.

Menggunakan ban dengan tekanan sesuai rekomendasi pabrikan dinilai paling aman digunakan berkendara meski saat hujan. Pada akhirnya cara berkendara aman yang paling memengaruhi keselamatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.