Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tutup Pentil Ban Dianggap Enggak Penting Itu Salah

Kompas.com - 21/09/2016, 11:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Tutup pentil atau valve cap pada ban kerap tak dipandang sebagai komponen penting. Padahal keberadaannya punya fungsi yang ternyata sama pentingnya dari komponen ban, pentil itu sendiri, atau pelek.

Dikatakan Ario, pegawai Pro Ban Pondok Kopi di Jl RS Soekanto, Jakarta Timur, bahwa tutup pentil adalah pelindung utama pentil dari debu dan air. Komponen ini juga membuat tekanan udara tetap stabil di dalam ban.

”Banyak orang yang mendiamkan saja saat tutup pentil bannya hilang. Mereka tidak peduli risiko jangka panjangnya yang membuat pentil gampang rusak,” ujar Ario kepada KompasOtomotif, (20/9/2016).

Lebih detail, Ario menunjukkan berbagai komponen yang berada di tutup pentil. Tak hanya ”tonjokan” untuk membuka dan menutup aliran udara, tetapi juga ada per, uliran, dan sil karet. Semua peranti ini akan mudah rusak jika dibiarkan terbuka.

”Air hujan atau genangan biasanya menjadi pemicu karat, karena mengandung kotoran dan debu. Kalau bagian logamnya bisa berkarat, sil karetnya bisa cepat keras. Lama-lama ada kebocoran,” kata Ario.

Rekomendasi dari pabrik pembuat ban adalah memakai tutup pentil yang terbuat dari plastik. Memang, banyak produk yang memakai tutup dari besi. Namun Ario mengatakan tutup plastik lebih baik karena tidak punya kemungkinan muncul bibit-bibit korosi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com