Toyota Hentikan Siklus Hidup “Crossover” Berbasis Camry

Kompas.com - 06/03/2015, 17:06 WIB
Toyota menghentikan saudara satu Car and DriverToyota menghentikan saudara satu "platform" sedan Camry, yaitu "crossover" Venza.
|
EditorAzwar Ferdian

Georgetown, KompasOtomotif - Toyota Motor Corporation menghentikan siklus hidup crossover medium yang dibuat dari platform sedan Camry, Venza. Sangat jauh beda dari Camry sebagai model terlaris di Amerika Serikat (AS), penjualan Venza setahun hanya mampu menyamai pencapaian Camry dalam sebulan.

Venza dan Camry memakai sasis yang sama, platform K Toyota. Venza dikembangkan oleh Toyota Technical Center di Michigan dan dirancang oleh studio desain Calty Design di California. Rancangan awal model ini dibuat oleh AS untuk pasar domestik, posisinya berada di antara RAV4 dan Higlander, tapi kemudian diputuskan untuk dieskpor.

Di masa peluncuran pada 2009 Venza mendapatkan respon positif di AS, ada 54.410 unit diserap konsumen. Namun setelah itu pamornya terus terpuruk sampai tahun lalu. Sepanjang 2014 hanya terjual 29.991 unit, angka itu sama dengan penjualan Camry sebulan.

Seperti diberitakan Automotive News, Senin (2/3/2015), TMC menyatakan produksi Venza di pabrik Georgetown untuk pasar AS segera berhenti pada Juni 2015. Sedangkan untuk pasar ekspor berakhir pada September 2017. Sebagai penggantinya pabrik yang juga mencetak Camry ini akan memproduksi model pertama Lexus di AS, ES.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X