Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Era Mesin V8 Ford Segera Berakhir

Kompas.com - 15/01/2015, 17:15 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Detroit, KompasOtomotif – Gosip tentang berakhirnya era mesin V8 milik Ford pada 2017 mulai merebak di internet. Rumor ini dimulai dari situs Horsepowerkings.com yang melaporkan konfirmasi dari sumber internal Ford yang tidak disebutkan identitasnya.

“Ford sudah pasti menghapus semua mesin V8. CAFE (Corporate Average Fuel Economy) dan EPA (Environmental Protection Agency) bekerja sangat keras memastikan hal itu,” kata sumber seperti tertera pada situs, Selasa (13/1/2015).

Mesin V8 selama ini digunakan di Mustang GT, meski begitu kenyataannya All-New Mustang GT kini memakai mesin V6 turbo. Selain itu V8 juga dipakai pikap F-150 Raptor.  Belum diketahui kejelasan strategi Ford untuk line up mesin di masa mendatang.

Pengembangan mesin V8 sebenarnya terus berlanjut, tapi berubah arah di tengah jalan. CAFE dan EPA dikira menjadi faktor penghalang sejak pertengahan 2013. Mesin V8 milik Ford disebut akan berakhir di sirkuit pada mobil balap, bukan di mobil produksi massal.

Belum ada pejabat Ford yang mengonfirmasi hal ini. Bila benar demikian maka 2017 adalah tahun terakhir Ford menjual mobil bermesin V8.

“Akan sangat menggelikan bila berharap ada mobil V8 yang keluar dari Performance Division. Ford Performance memang akan melahirkan mobil kencang di masa depan, tapi meski Shelby GT500 dapat lampu hijau, model itu akan menjadi mesin bensin V8 terakhir yang pernah diproduksi Ford,” akhir kata sumber tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com