Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Pintarnya Sistem Hiburan Ford

Kompas.com - 05/01/2016, 16:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Detroit, KompasOtomotif – Ford dikenal sebagai produsen inovatif yang cukup memperhatikan detail kenyamanan. Sejak diciptakan konektivitas SYNC pada mobil produksinya sejak 2007, merek asal Amerika Serikat itu terus mengembangkannya hingga mencapai level SYNC 3 yang makin pintar.

Terbaru, sistem hiburan SYNC 3 Ford sudah bisa tersambung dengan perangkat ponsel dengan sistem operasi Android (Android Auto) atau iOS (Apple CarPlay).

Pemilik mobil Ford model year (MY) 2016 yang sudah dilengkapi SYNC 3 diberi kesempatan tahun ini untuk melakukan upgrade kemampuan baru ini. Lalu, mulai 2017, semua Ford yang dijual di Amerika Utara dengan SYNC 3 sudah terhubung dengan kemampuan ini, mulai dari Escape terbaru.

Tapi perlu diingat, Android Auto hanya bekerja pada ponsel dengan versi minimal Android 5.0 (Lollipop), sementara Apple CarPlay cuma kompatibel minimal dengan iPhone 5 atau model terbaru.

Selain itu, SYNC 3 versi baru ini juga dilengkapi konektivitas 4G LTE untuk membuat pemilik mobil bisa mengendalikan mobil dari jauh. Misalnya, mengunci pint, melihat sisa bahan bakar, hingga mencari parkiran, cukup pakai ponsel.

Ford juga memperluas fungsi aplikasi, termasuk Eventseeker yang sanggup mencarti tempat paling menarik di sekeliling. Cityseeker juga bisa menghadirkan info detail tentang kehidupan malam, restoran terbaik, atau lainnya, mencakup lebih dari 500 kota di seluruh dunia.

Saat ini, teknologi SYNC sudah dipakai lebih dari 15 juta mobil di seluruh dunia, dan angka ini diprediksi meningkat hingga 43 juta sampai akhir dekade.

Video SYNC 3 yang terkoneksi dengan Android Auto:

Video SYNC 3 yang terkoneksi dengan Apple CarPlay:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com