Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Pengendara Motor Ditegur karena Spion Winglet, Ini Bahayanya

Kompas.com - 05/06/2024, 06:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ramai di media sosial pengendara motor yang ditegur oleh petugas kepolisian lantaran menggunakan spion variasi model winglet.

Sudah pakai spion variasi yang ukurannya lebih kecil, pemotor tersebut mengikuti tren menyesatkan yang mengarahkan kaca ke arah bawah, bukan arah belakang dan pengendara.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, penggunaan spion variasi dengan ukuran lebih kecil dari ukuran standar tentu bakal memengaruhi visibilitas berkendara.

Baca juga: DAMRI Buka Rute Menuju Stasiun KCIC, Tarif mulai Rp 15.000

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Hilmy Alx (@hilmyalx)

“Fungsi dari kaca spion kan untuk memantau area sekitar tengah sampai ke belakang motor. Kemampuan mata dalam melihat objek itu berbeda di spion kecil dan besar. Apalagi dalam kondisi lalu lintas yang padat dan semrawut,” ujar Sony, kepada Kompas.com (4/6/2024).

“Jadi jika dikaitkan dengan taste memang pasti berbeda-beda. Hanya yang paling penting diperhatikan adalah memenuhi standar peraturan lalu lintas atau enggak?” kata dia.

Selain itu, penggunaan kaca spion variasi model winglet, endbar, segitiga, atau apapun disebut bakal memengaruhi posisi berkendara.

Baca juga: Motor Listrik Baru Honda di Indonesia, Meluncur Semester II 2024

"Kaca spion diatur satu kali disesuaikan dengan posisi duduk dan untuk kondisi maju, mundur serta berbelok. Enggak benar jika diubah-ubah, berarti ada yang salah dengan seat position-nya," kata Sony.

Sebab, posisi berkendara yang salah juga akan memengaruhi keamanan dan kenyamanan berkendara.

Ia menambahkan, dalam memodifikasi bukan masalah boleh atau tidak, tapi mengacu kepada aturan keselamatan.

Baca juga: Perpanjang Masa Berlaku SIM Wajib Punya BPJS Kesehatan

Ilustrasi spion winglet pada Yamaha R15MGridOto.com Ilustrasi spion winglet pada Yamaha R15M

Masing-masing motor punya tipe dan karakter yang berbeda-beda. Begitu juga dengan adopsi kaca spion yang berbeda-beda.

“Semua sudah disesuaikan. Itu kenapa yang paling tahu adalah pihak pabrik. Apa yang sudah dikeluarkan oleh mereka itu paling memenuhi ketentuan keamanan berkendara di jalan,” ucap Sony.

“Jika kaca spion diubah bentuknya, letaknya, atau ukurannya, belum tentu sesuai fungsinya, sekalipun terlihat gaya. Itu kenapa pasti akan ditilang, dan harusnya berterima kasih karena dengan begitu kita tahu mana yang benar dan tidak benar,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com