Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Berkendara Aman dengan Riding Gear yang Tepat Itu Penting

Kompas.com - 14/06/2024, 11:22 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tujuan utama dalam berkendara adalah sampai tujuan dengan selamat. Keselamatan ini dapat dicapai dengan menggunakan riding gear yang lengkap dan sesuai standar.

Riding gear bukan hanya aksesori, tetapi merupakan perlengkapan penting yang harus digunakan oleh setiap pengendara untuk memastikan perlindungan maksimal di jalan raya.

Manager Safety Riding Department PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky dalam acara kampanye safety riding kerja sama AHM dan Kompas.com di Universitas Negeri Jakarta, menekankan pentingnya kesadaran dan pengetahuan tentang keselamatan berkendara.

Baca juga: Beda Teori dan Kenyataan, Soal Waktu Ideal Servis AC Mobil

"Pakai riding gear seperti helm, celana, dan jaket tidak hanya meminimalisir risiko cedera saat berkendara, tetapi juga memberikan perlindungan maksimal terhadap pengendara," kata Johanes Lucky di Jakarta Timur, Kamis (13/6/2024).

Acara Berkampus Ria di UNJ, mengajak remaja berkendara dengan aman.Ilham Karim/Kompas.com Acara Berkampus Ria di UNJ, mengajak remaja berkendara dengan aman.

Johanes Lucky juga menambahkan bahwa penggunaan riding gear yang tepat dapat melindungi tubuh dari benturan, gesekan, dan cuaca ekstrem.

Helm, misalnya, sangat penting untuk melindungi kepala dari cedera serius, sementara jaket dan celana khusus dapat melindungi tubuh dari luka-luka akibat gesekan dengan aspal.

Baca juga: Tak Pandang Benar atau Salah, Kecelakaan Lalu Lintas Pasti Bikin Rugi

Kampanye safety riding ini merupakan bagian dari upaya AHM dan Kompas.com untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara di kalangan remaja dan mahasiswa.

Edukasi mengenai penggunaan perlengkapan berkendara yang lengkap dan sesuai standar terus digalakkan melalui berbagai saluran, termasuk sekolah dan media sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com