Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agak Nyentrik, Pemilik Sepeda Motor Ini Pakai Spion Convex Mirror

Kompas.com - 21/07/2023, 11:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap kendaraan bermotor sudah dilengkapi dengan kaca spion. Komponen ini berfungsi untuk memberikan citra objek di belakang lewat pantulan kaca.

Namun, tak sedikit pemilik sepeda motor yang mengganti atau mencopot kaca spion agar tampil lebih keren.

Jika tidak dicopot, ditekuk, atau diganti dengan yang lebih kecil. Biasanya dianggap lebih praktis, karena dengan spion kecil motor lebih mudah menyalip di jalan yang macet.

Baca juga: Pengendara Motor Nyaris Tertabrak Kereta, Harus Sabar di Pelintasan

Tapi, berbeda dengan pemilik sepeda motor dalam unggahan akun Tiktok bernama Sushi Seaf00d, Rabu (19/7/2023). Pemillik motor ini justru memilih opsi yang agak nyentrik, yakni mengganti kaca spion motor dengan model convex mirror.

Model kaca cembung yang biasanya dipasang di persimpangan atau tikungan jalan raya.

Tak hanya dibekali dengan convex mirror, pemilik sepeda motor Yamaha Mio itu juga menambahkan klakson manual yang terbuat dari pompa angin.

Unggahan ini pun sudah ditonton 9,7 juta kali dan mendapatkan lebih dari 44.000 komentar. Banyak dari warganet yang merasa terhibur dengan video tersebut.

@sushi.seaf00d Hidup lagi capek capeknya eh liat kaya gini di parkiran lucu bgt ????????. #fyp #xyzbca #yourpage ? Backsound Lucu - Faid rafanda

“Pas liat spion ke belakang, satu provinsi bisa kelihatan,” tulis akun just_iank.

“Motorku memang Mio, tapi spionku bikin kamu melongo,” tulis komentar rifofp_

“Spion anti rampok dan begal ini ya bunda-bunda,” tulis komentar atinatanara.

Sebetulnya tidak ada larangan mengganti kaca spion yang lebih besar. Tapi sebaiknya tetap memperhatikan kewajaran. Berbeda jika mengganti dengan ukuran lebih kecil, karena menyangkut fungsionalitas.

Untuk motor, kaca spion sudah didesain dengan spesifikasi dan model tertentu. Rata-rata spesifikasi spion memiliki tinggi 75 - 80 mm dan lebar 130 - 140 mm, sedangkan tinggi tangkai dari grip berkisar 10 - 13 cm.

Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, selain ukuran jenis kaca pada spion juga dirancang sedemikian rupa agar objek terlihat lebih jelas di spion.

Menggunakan spion motor dengan benar bisa cegah blind spotDok. YIMM Menggunakan spion motor dengan benar bisa cegah blind spot

"Tentunya kondisi yang baik pada kaca spion harus ada dari dua sisi, yaitu situasi sebelah kanan dan kiri," ujar Ludhy.

Fungsi dari kaca spion pada motor adalah untuk mencegah terjadinya tabrakan saat akan pindah jalur. Dengan melihat spion sebelum berpindah jalur, dapat meminimalisasi terjadinya kecelakaan dengan kendaraan lain.

Baca juga: Laba Tesla Meningkat Meski Ada Diskon Besar-besaran

Mengatur posisi kaca spion secara ideal,dapat berfungsi membantu menambah rang pandang pengendara untuk melihat kondisi lalu lintas atau jalanan di samping atau belakang pengendara.

"Tentunya, penyesuaian spion harus dilakukan setelah pengemudi mendapatkan posisi berkendara yang paling tepat dan baik untuk mengemudi," kata Ludhy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com