Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merek Baru TAILG Incar Subsidi Motor Listrik Rp 7 Juta

Kompas.com - 02/05/2024, 09:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – TAILG jadi salah satu merek baru yang bakal meramaikan persaingan motor listrik di Indonesia. Jenama asal China ini telah melakukan debutnya pada pameran Asiabike Jakarta yang berbarengan dengan ajang PEVS 2024.

TAILG menampilkan produk-produk motor listrik andalannya, yaitu Universe, S1 dan S2, serta Tank. Rencananya, TAILG mengincar subsidi motor listrik sebesar Rp 7 juta.

Artinya, TAILG siap memproduksi motor listrik secara lokal. Sebab, salah satu syarat untuk mendapatkan subsidi adalah nilai TKDN minimal sebesar 40 persen.

Baca juga: Kecelakaan Mobil Terbakar di Tol Jakarta-Cikampek, Imbas Pecah Ban

Motor listrik TAILG unjuk gigi, pada pameran berikutnya RIndam Jaya.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Motor listrik TAILG unjuk gigi, pada pameran berikutnya RIndam Jaya.

“Terkait subsidi motor listrik, kami ada rencana,” ujar Li Kun Feng, Wakil Presiden Divisi Luar Negeri Grup TAILG, kepada Kompas.com (30/4/2024).

“Tapi saat ini masih dalam proses registrasi untuk lisensi dan lain-lain, mungkin baru sekitar Agustus 2024 masuk ke dalam daftar motor listrik subsidi,” kata dia.

Li Kun Feng mengatakan, bakal ada tiga model motor listrik yang mendapatkan subsidi sebesar Rp 7 juta.

Baca juga: Layani Dua Rute, Tarif Bus Double Decker DAMRI mulai Rp 510.000

“Tadi, kami sudah meluncurkan motor listrik S1, S2, dan Universe. Kira-kira salah dua dari motor itu yang akan dapat subsidi,” ucap Li Kun Feng.

“Universe kemungkinan besar bakal dapat subsidi. Sementara S1 dan S2 akan dilihat kebutuhan market. Kemudian satu model lagi Namanya Tank,” ujarnya.

Sejauh ini, Li Kun Feng belum bisa memberikan informasi terkait banderol motor listrik TAILG. Meski begitu, harga jual diklaim bersaing dengan merek-merek lain yang sudah meluncur.

“Untuk di pameran ini harga memang belum bisa diungkap, mungkin nanti setelah pameran selesai baru diumumkan,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com