Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sampai Bikin Macet, Adab Perilaku Saat Mobil Tiba-tiba Mogok

Kompas.com - 13/04/2024, 12:02 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil mogok di perjalanan kerap menjadi penghambat arus lalu lintas. Maka dari itu, saat arus balik Lebaran 2024 kali ini pengemudi seharusnya sudah paham apa yang harus dilakukan ketika mobil mengalami mogok di jalan.

Jangan sampai mobil mogok yang kita kendarai justru membuat kepentingan umum terganggu dengan membiarkannya terhenti di tengah jalan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, tindakan pertama yang harus dilakukan jika mobil mogok di jalan ialah segera mendorong mobil ke pinggir atau bahu jalan.

Baca juga: Video Viral, Aksi Polisi Setut Mobil Pemudik yang Mogok di Jalan Tol

Pemudik yang menggunakan jalur alternatif Kaliwungu -Boja. KOMPAS.COM/SLAMET PRIYATINKOMPAS.COM/SLAMET PRIYATIN Pemudik yang menggunakan jalur alternatif Kaliwungu -Boja. KOMPAS.COM/SLAMET PRIYATIN

"Jangan lupa untuk memasang segitiga pengaman, serta menyalakan lampu hazard sebagai tanda darurat agar pengendara lain lebih menyadarinya," kata Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jangan sampai mobil mogok menjadi sumber penyebab terjadinya kemacetan yang bisa mengganggu kepentingan umum, imbau Sony.

Sony mengatakan, jika kondisinya sedang berada di jalan tol, setelah meminggirkan mobil hubungi nomor darurat tol untuk dilakukan penderekan.

Baca juga: Selama Arus Mudik, Posko Kesehatan Jabar Tangani 6 Jenis Penyakit


“Dengan demikian, mobil mogok tidak berlama-lama di bahu jalan dan meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan,” ucap Sony.

Nah, itu tadi etika yang benar ketika mengalami mobil mogok di perjalanan. Jangan sampai membiarkan mobil mogok menghalangi akses bagi pengguna jalan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com