Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solusi Mobil Mogok Disertai Indikator Anak Kunci Menyala

Kompas.com - 13/04/2024, 11:42 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Potensi masalah saat mobil digunakan untuk perjalanan jauh selalu ada dan beragam jenisnya. Salah satu yang paling sering adalah mogok.

Salah satu jenis mobil mogok bisa disebabkan oleh sistem alarm, karena pada mobil modern umumnya sudah dibekali sistem immobilizer.

Bila mesin mobil tidak bisa dihidupkan disertai indikator anak kunci menyala, biasa jadi masalahnya adalah sistem tidak mampu membaca keberadaan remote. Bisa karena jaraknya terlalu jauh, baterai lemah, atau ada gangguan sinyal di daerah tertentu.

Baca juga: Apa Bedanya Remote Alarm dan Keyless pada Mobil?


Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, pemilik mobil yang mengalami hal tersebut tidak perlu panik, sebab ada cara lain untuk bisa menghidupkan mesin.

“Pemilik hanya perlu menghadapkan remote keyless ke tombol start stop engine, otomatis mobil sudah bisa menyala seperti biasanya bila masalahnya baterai lemah atau susah sinyal,” ucap Didi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Didi mengatakan sistem alarm pada mobil dengan fitur immobilizer memang lebih ketat, pasalnya mesin mobil akan dibuat tidak bisa hidup ketika sistem tidak mampu mendeteksi keberadaan remote di sekitar area.

Baca juga: Video Viral, Aksi Polisi Setut Mobil Pemudik yang Mogok di Jalan Tol

Kunci keyless entry ToyotaZulfana K. Rijal Kunci keyless entry Toyota

“Contoh pada keyless Toyota, tinggal tempel remote yang ada lambang Toyota ke tombol setelah itu lakukan start seperti biasa. Tapi agar nyaman, jangan lupa untuk mengganti baterai remote, bisa di bengkel resmi atau melakukan sendiri,” kata Didi.

Selain tidak bisa menghidupkan mesin, Didi mengatakan biasanya pemilik juga akan kesulitan untuk mengakses mobil dengan kondisi pintu terkunci.

Didi mengatakan biasanya meski baterai remote sudah lemah tapi masih bisa mengirim sinyal bila jaraknya cukup dekat. Caranya dengan coba menekan remote dekat mobil, misalnya menempel di kaca depan langsung berdekatan dengan gagang pintu mobil,” kata Didi.

Baca juga: Viral, Video Honda Supra Derek Toyota Fortuner Mogok

Lewat keyless pemilik mobil bisa membuka dan menutup pintu hanya dengan menekan tombol yang tersedia.
Foto: Peugeot Lewat keyless pemilik mobil bisa membuka dan menutup pintu hanya dengan menekan tombol yang tersedia.

Jika tidak merespons, pemilik mobil tinggal mencoba cara manual, yakni membuka pintu mobil dengan anak kunci. Adanya fitur keyless bukan berarti pabrikan tidak menyiapkan cadangan anak kunci menurut Didi.

Anak kunci ini dibuat menyatu dengan remote, untuk mengeluarkannya cukup cari tombol kecil pada bagian remote yang biasa terletak di bagian belakang atau atas.

“Batang anak kunci ada pada remote, jadi saat darurat seperti baterai habis pemilik mobil masih bisa masuk ke dalam mobil, jangan langsung panik,” ucap Didi.

Baca juga: Begini Cara Mengatasi Motor Mogok karena Banjir

Indikator immobilizer menyala pada mobil WulingTangkapan layar Indikator immobilizer menyala pada mobil Wuling

Jadi, ketika mobil mogok disertai tanda-tanda pintu terkunci atau disertai lampu indikator anak kunci menyala maka bisa jadi masalahnya adalah sistem alarm sedang aktif bekerja. Sementara solusinya bisa mendekatkan remote ke area penerima sinyal sepeti gagang pintu atau tombol starter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com