Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BYD Sediakan 10.000 Mobil Listrik Operasional PLN

Kompas.com - 16/03/2024, 08:42 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Program elektrifikasi nasional semakin gencar dijalankan Pemerintah dan semua instansi pendukungnya. Berdasarkan roadmap, penambahan populasi kendaraan listrik merupakan salah satu agenda yang dijadikan fokus utama.

Untuk mendukung suksesi ini, beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga membantu upaya percepatan akselerasi populasi dan ekosistem kendaraan listrik.

Terbaru, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN-Persero) melalui subholding PLN Icon Plus menggandeng raksasa teknologi asal China, PT Build Your Dreams (BYD) Motor Indonesia, untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Ari Rahmat Indra Cahyadi, Direktur Utama PT PLN Icon Plus menjelaskan, kolaborasi ini diyakini bisa menjadi stimulus untuk mendukung transformasi energi yang lebih bersih dan berkelanjutan di Indonesia, termasuk menyiapkan ekosistem EV.

Baca juga: Video Pengendara Motor Adu Banteng, Akibat Langgar Marka Jalan

SPKLU yang berada di halaman kantor PLN UP3 Gresik, di Jalan Dr Wahidin Sudiro Husodo, Gresik, Jawa Timur.KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAH SPKLU yang berada di halaman kantor PLN UP3 Gresik, di Jalan Dr Wahidin Sudiro Husodo, Gresik, Jawa Timur.

"Kami yakin kerja sama ini akan membawa manfaat besar bagi perkembangan infrastruktur dan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dalam mendukung program transisi energi hijau, serta mewujudkan masa depan energi yang lebih berkelanjutan," ucapnya saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Ari lanjut membagikan beberapa proyek kerja sama yang akan digagas oleh kedua belah pihak, salah satunya adalah penyediaan 10.000 unit mobil listrik BYD sebagai kendaraan operasional PLN.

Selain itu, PLN Icon Plus juga memasang target supaya penggunaan aplikasi PLN Mobile sebagai platform digital dapat digunakan seluas-luasnya untuk pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

Baca juga: Strategi Fuso Soal Hadapi Gempuran Truk China

BYD Seal Performance AWD mejeng di IIMS 2024, harganya Rp 719 juta dan punya daya jelajah 580 kilometerKompas.com/Daafa Alhaqqy BYD Seal Performance AWD mejeng di IIMS 2024, harganya Rp 719 juta dan punya daya jelajah 580 kilometer

Adapun transformasi PLN Icon Plus berfokus pada empat segmen, yaitu segmen PLN, segmen Retail, segmen Publik, dan segmen Electricity Related Business.

"Ekosistem ini luas sekali, termasuk juga layanan purna jual dan pengembangan dari sisi digital sangat terbuka. Kami hadir tidak hanya melayani PT PLN, tetapi juga hadir melayani publik," ujarnya.

Pada kesempatan serupa, Eagle Zhao, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia menjelaskan, penyediaan 10.000 unit mobil listrik BYD diproyeksikan terjadi dalam jangka waktu lima tahun ke depan akan didukung oleh jaringan diler di seluruh Indonesia.

"Kolaborasi ini akan memungkinkan kami menggenapi visi untuk menghadirkan teknologi ramah lingkungan yang inovatif dan berkualitas tinggi kepada masyarakat Indonesia, serta memberikan kontribusi positif pada mobilitas berkelanjutan dengan mitra diler kami," katanya.

Baca juga: Mau Mudik, Jangan Biarkan Tabung Air Wiper Kosong

BYD Seal Performance AWD mejeng di IIMS 2024, harganya Rp 719 juta dan punya daya jelajah 580 kilometerKompas.com/Daafa Alhaqqy BYD Seal Performance AWD mejeng di IIMS 2024, harganya Rp 719 juta dan punya daya jelajah 580 kilometer

Zhao menjelaskan, BYD berkomitmen untuk memfasilitasi percepatan transisi menuju era kendaraan elektrifikasi di Indonesia tidak hanya melalui inovasi New Energy Vehicle namun juga dengan ekosistem yang dapat mempermudah ketersediaan unit bagi banyak pihak.

Menurut dia, implementasi kerja sama yang akan dilakukan secara bertahap selama lima tahun ini dinilai semakin mempermudah konsumen mendapatkan produk-produk EV dari BYD.

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki PLN ICON Plus dan sinergi dengan jajaran PLN Group, BYD optimistis dapat menjangkau konsumen yang lebih luas di berbagai lapisan masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com