Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah Astra UD Trucks Cetak Tenaga Kerja Produktif dan Berkualitas

Kompas.com - 13/03/2024, 16:17 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra UD Trucks bersama UD Trucks Indonesia, dalam kemitraan dengan SMK 1 Perguruan Cikini Jakarta, telah mengambil langkah inovatif untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia dengan peluncuran program pendidikan SMK Kelas Quester sejak tahun 2023.

Program ini dirancang tidak hanya sebagai respons terhadap kekurangan tenaga kerja terampil di industri otomotif tetapi juga sebagai inisiatif untuk menanamkan pentingnya keselamatan kerja di kalangan pemuda yang akan memasuki dunia industri.

Dengan pendekatan holistik, program ini menggabungkan pelajaran teknis mendalam dengan praktik keselamatan kerja, memberikan siswa pemahaman yang komprehensif tentang pentingnya menjaga keamanan di tempat kerja.

Baca juga: Astra UD Trucks Fokus Sediakan Kendaraan Komersial yang Aman dan Nyaman

Penyerahan Apresiasi oleh Budi Rudianto, Service Marketing Dept Head kepada Zaenal Arifin Hubinmas dan BKK SMK 1 Perguruan Cikini JakartaIST Penyerahan Apresiasi oleh Budi Rudianto, Service Marketing Dept Head kepada Zaenal Arifin Hubinmas dan BKK SMK 1 Perguruan Cikini Jakarta

Hari ini, sekitar 40 siswa terlibat dalam program kunjungan ke booth UD Trucks di GIICOMVEC 2024 untuk mengikuti pembelajaran interaktif di mana mereka dapat melihat langsung teknologi terbaru, berinteraksi dengan profesional industri, dan memahami bagaimana praktik keselamatan diimplementasikan dalam teknologi kendaraan komersial modern.

Menyadari tantangan yang dihadapi industri otomotif Indonesia, termasuk data Badan Pusat Statistik (BPS) 2022 yang mencatat kekurangan tenaga kerja terampil, program ini bertujuan untuk menutup kesenjangan tersebut.

Astuti Siwi Utami, HR-GA Dept Head Astra UD Trucks menekankan agar diharuskan integrasi kurikulum yang kaya akan konten teknis dan keselamatan kerja, program ini menyiapkan siswa tidak hanya sebagai mekanik yang terampil tetapi juga sebagai pelaku keselamatan di industri.

Baca juga: UD Trucks Punya Fitur Canggih Pengawas Sopir yang Nakal

Jelita Wunadi Putri, Head Dept HR-GA UD Astra Motor Indonesia, menekankan pentingnya diadakan program pendidikan SMK Kelas Quester.

"Pendidikan sebagai investasi masa depan industri kita, dengan mendidik siswa tentang teknologi kendaraan terbaru dan praktik keselamatan terbaik, kami membentuk generasi mendatang yang tidak hanya terampil tetapi juga peduli terhadap keselamatan kerja." ucap Jelita.

Budi Rudianto, Service Marketing Dept Head Astra UD Trucks, mengatakan komitmen Astra UD Trucks terhadap keselamatan merupakan bagian integral dari DNA perusahaan.

Baca juga: Astra UD Trucks Luncurkan Layanan Purnajual Baru

“Melalui program ini, kami berharap untuk menginspirasi siswa dan menanamkan nilai-nilai yang kami pegang teguh, membantu membangun ekosistem industri yang lebih aman dan lebih produktif." ucap Budi.

Zaenal Arifin, Hubinmas dan Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK 1 Perguruan Cikini Jakarta, mengucapkan rasa syukur atas kerja sama dengan Astra UD Trucks.

“Melalui pendidikan yang komprehensif dan kunjungan ini, siswa kami mendapatkan wawasan langsung tentang apa yang dibutuhkan untuk berhasil dalam industri otomotif, sambil memprioritaskan keselamatan kerja." ucap Zaenal.

Baca juga: UD Trucks Rayakan 10 Tahun Quester di GIIAS 2023

Program yang di mulai dicanangkan sejak tahun 2023 ini telah banyak membuahkan tenaga kerja yang sangat kompeten di bidangnya yang dibentuk sehingga berkesempatan untuk berkontribusi sebagai mekanik di Astra UD Trucks.

Salah satu cerita inspirasi dari Tri Mulyono yang dahulu seorang mekanik dan sekarang Workshop Head Astra UD Trucks Cabang Tangerang, menegaskan nilai program pendidikan seperti ini.

"Ini lebih dari sekadar mempelajari keterampilan; ini tentang membangun kompetensi, budaya keselamatan dan pribadi yang unggul. Melalui program pendidikan seperti ini, saya dipersiapkan untuk menapak jenjang karir lebih tinggi.“ ucap Tri.

Baca juga: Dipindahkan dari Thailand ke Indonesia, Berapa Target TKDN UD Trucks?


Program pendidikan SMK Kelas Quester oleh Astra UD Trucks dan SMK 1 Perguruan Cikini Jakarta merupakan langkah maju dalam pendidikan vokasi, menawarkan lebih dari sekadar pengetahuan teknis, tetapi juga mempersiapkan siswa untuk menjadi pemimpin masa depan yang bertanggung jawab dalam industri otomotif Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com