Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terobosan Baru Pioneer di Indonesia

Kompas.com - 07/03/2024, 13:39 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA KOMPAS.com - Pioneer punya nama besar di segmen alat elektronik, terutama yang berhubungan dengan audio. Pada sektor otomotif, banyak merek yang memakai Pioneer sebagai head unit OEM (original equipment manufacturer).

Salah satunya adalah OEM Honda Brio, dan beberapa merek mobil lainnya. Henry Darmawan, Director PT Multi Alam Elok, distributor resmi Pioneer di Indonesia, menjelaskan, selain di sektor otomotif, pihaknya juga melebarkan sayap di segmen lain, seperti alat musik DJ.

Profesi disc jockey (DJ) semakin digemari di Indonesia, seiring dengan perkembangan musik di Tanah Air. Akan tetapi, stigma negatif cukup melekat pada profesi ini, karena erat dengan dunia malam.

Pioneer DJ sebagai salah satu distributor alat musik DJ, coba meluruskan hal tersebut. DJ bisa menjadi salah satu profesi yang menjanjikan, karena kini bisa dimainkan dimana saja, termasuk di cafe, coffe shop, bahkan di mobil.

Baca juga: Paket Audio Pioneer di IIMS 2023, Mulai Rp 2 Jutaan

"Kalau dulu memang profesi DJ ini lekat dengan dunia malam, tapi sekarang tidak karena banyak wadahnya. Kreativitas di musik tidak terbatas, bisa memainkan musik apa saja dan dimana saja, bahkan bisa dikoneksikan dengan audio mobil," jelas Henry Darmawan, Selasa (5/3/2024).

Atas dasar ini Pioneer DJ memberikan ruang bagi siapa saja yang ingin belajar memainkan alat DJ, dengan meresmikan Pioneer DJ Showroom pertamanya di Indonesia, yang berlokasi di Jalan K.H. Hasyim Ashari No.31, Jakarta Pusat.

Henry menjelaskan, showroom ini tidak hanya menjual perangkat DJ, tapi juga bisa berbagi ilmu secara gratis buat siapa saja yang ingin belajar memainkan alat musik elektronik tersebut.

"Silahkan datang ke sini buat melihat langsung dan belajar alat-alat musik DJ Pioneer, baik untuk pemula atau pun profesional. Banyak yang tertarik mempelajarinya termasuk dari kalangan remaja, maka dari itu kami sediakan wadahnya," jelas Henry lagi.

Pioneer DJ Showroom menyediakan beberapa perangkat alat musik DJ, di antaranya DDJ-200, DDJ-FLX4, DDJ-FLX10, CDJ-3000, DJM-A9 dan OPUS-QUAD, ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 3 jutaan buat pemula, sampai Rp 120 jutaan buat alat DJ profesional.

Henry berharap, Pioneer DJ Showroom bisa menjadi sarana untuk edukasi dan workshop yang mendukung industri musik. Lebih lanjut, bisa menjadi jalan buat regenerasi talenta DJ yang ada di Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com