Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Honda Produksi Kendaraan Elektrifikasi Dalam Negeri

Kompas.com - 02/03/2024, 08:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) punya strategi dalam mengembangkan kendaraan elektrifikasi di Indonesia, yakni diawali dengan studi, setelah itu berlanjut ke pengenalan produk, dan terakhir memproduksi massal.

Langkah tersebut juga diterapkan pada produk hybrid yang saat ini sedang masuk dalam tahap pengenalan produk dimulai melalui Honda CR-V hybrid dan Accord hybrid. Setelah diterima pasar, maka berlanjut ke tahap ekspansi atau melakukan produksi lokal.

“Untuk hybrid sudah masuk masa pengenalan, itu untuk produk-produk yang memang perkenalan, belum masa ekspansi. Setelah masyarakat teredukasi soal hybrid baru ada ekspansi, ekspansi itu termasuk produksi secara lokal karena volumenya besar,” ucap Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM), saat ditemui di Jakarta, Jumat (29/1/2024).

Baca juga: Baterai NMC Lebih Diminati, BYD Mengaku Tidak Ambil Pusing

Kendati demikian, Billy belum bisa mengungkapkan kapan mobil hybrid tersebut bisa diproduksi lokal. Sebab, dalam ekspansi produk harus didasari oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah memiliki pasar besar, agar secara volume atau hitung-hitungan masuk dengan nilai investasi yang sudah dikucurkan nanti.

Honda CR-V HybridKOMPAS.com/STANLY RAVEL Honda CR-V Hybrid

"Kapannya nanti, ya. Jadi belum bisa diomongin,” kata Billy.

Adapun untuk mobil listrik murni Honda, Billy mengaku, baru menyelesaikan tahap studi. Nantinya mobil listrik murni tersebut juga akan diperkenalkan, dan berlanjut ke tahap ekspansi layaknya mobil hybrid Honda saat ini.

Billy juga turut ungkapkan kemungkinan jika nanti pihaknya akan mempertimbangkan untuk memproduksi mobil listrik murni secara lokal.

Baca juga: Diler Chery Sentuh Kepulauan Riau

"Kalau yang baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) itu baru selesai studi, untuk N-VAN dengan Pertamina dan Honda e bersama dengan UI, penggunaan mobil listrik sebenarnya di Jakarta itu gimana sih. Setelah studi pasti nanti akan ada perkenalan, setelahnya seperti CR-V e:HEV pasti nantinya akan ada pertimbangkan produksi secara lokal,” kata Billy,

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com