Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Gelar Mudik Gratis 2024, Catat Jadwal Pendaftarannya

Kompas.com - 01/03/2024, 06:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut Lebaran 2024, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menyelenggarakan program Angkutan Mudik Gratis melalui tiga pilihan jalur, yakni darat, laut, dan kereta api.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, program mudik gratis digelar untuk mengantisipasi lonjakan masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, pihaknya tidak bosan mengimbau masyarakat agar tidak melakukan perjalanan jauh seperti mudik menggunakan motor. Hal ini karena potensi terjadinya kecelakaan cukup tinggi.

Baca juga: Kabin Chery Tiggo 5X Vs Wuling Alvez, Mana yang Lebih Menarik?

"Kami mengajak masyarakat bergabung dalam program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis, sehingga bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan," ucap Adita dalam keterangan resminya, Kamis (29/2/2024).

Mudik Gratis Kemenhub Lebaran 2024KEMENHUB Mudik Gratis Kemenhub Lebaran 2024

Khusus jalur darat, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat menggelar Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dan Truk.

Pendaftarannya dapat dilakukan melalui aplikasi Mitra Darat yang direncanakan dibuka pada 5 Maret-3 April 2024.

Pada arus mudik dan balik tahun ini, tersedia 722 unit bus untuk 30.088 penumpang dan 30 unit truk untuk 900 unit motor.

Baca juga: Jangan Bingung, Ini Waktu Tepat Mengganti Oli Mesin Mobil

Keberangkatan arus mudik akan dilakukan pada 5 April-7 April 2024, sedangkan keberangkatan arus balik dilakuan pada 14 dan 15 April 2024.

Selain Kemenhub, diharapkan makin banyak kementarian/lembaga, BUMN, serta perusahaan swasta, juga pihak lain yang menggelar program serupa. Dengan demikian, pemudik yang menggunakan motor bisa ditekan jumlahnya.

General Manager Honda Customer Care Center (HC3) AHM Antok Yuniarso bersama Direktur Sarana Transportasi Jalan Kemenhub Danto Restyawan dan Direktur Jenderal Angkutan Jalan Kemenhub Suharto saat melakukan inspeksi terhadap motor peserta mudik program MBBH 2023.Kompas.com/Erlangga Satya General Manager Honda Customer Care Center (HC3) AHM Antok Yuniarso bersama Direktur Sarana Transportasi Jalan Kemenhub Danto Restyawan dan Direktur Jenderal Angkutan Jalan Kemenhub Suharto saat melakukan inspeksi terhadap motor peserta mudik program MBBH 2023.

"Jika program mudik gratis semakin banyak, jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor dapat ditekan sehingga angka kecelakaan turun dan kepadatan di jalan berkurang," kata Adita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com