Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Solo-Yogyakarta Mulai Dipersiapkan untuk Libur Lebaran 2024

Kompas.com - 27/01/2024, 07:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalur tol fungsional Solo-Yogyakarta mulai disiapkan untuk digunakan pada musim libur Lebaran 2024, yang rencananya berlangsung 9-11 April 2024 mendatang.

Dalam upaya memastikan kesiapan dan pengamanannya, Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan melakukan peninjauan kelancaran Operasi Ketupat Libur Idul Fitri 2024, dimulai di GT Colomadu.

Menurutnya, tol fungsional Solo-Yogyakarta sudah memakai dua jalur sampai KM 13. Sedangkan KM 13 sampai KM 23, menjadi satu jalur.

Baca juga: Ini Jumlah Mobil Listrik Blue Bird yang Jadi Unit Taksi

Ilustrasi lalu lintas kendaraan di London, Inggris.ITV.com/PA Ilustrasi lalu lintas kendaraan di London, Inggris.

“Mudah-mudahan pada saat menjelang lebaran ini konstruksi jalannya sudah seperti yang ada sekarang ini artinya sudah finish untuk konstruksinya sehingga bisa di lalui oleh kendaraan Golongan 1,” kata Aan dalam keterangannya, Jumat (26/1/2024).

Dengan dibukanya Tol Fungsional Solo – Yogyakarta sampai dengan KM 23 diharapkan dapat mengurangi beban ataupun volume arus lalu lintas.

“Dari Solo ke Klaten terutama di trouble spot di Kertosuro kemudian di Delanggu Kota Klaten ini sudah terlewati, sehingga masyarakat yang mudik dari Jakarta ke Yogyakarta waktu tempuhnya mudah-mudahan bisa lebih cepat,” kata dia.

Sebelumnya pihak PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) sudah membuka Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo) secara fungsional saat menyambut arus mudik dan balik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024.

Baca juga: Polisi Mulai Petakan Daerah Rawan Kecelakaan untuk Idul Fitri 2024

Dijelaskan, jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo (Kartasura sampai dengan Karanganom) akan dioperasikan dalam dua periode. Yaitu pada 22-31 Desember 2023 dan pada periode arus balik yaitu 1-3 Januari 2024.

Maka, apabila tol fungsional Solo-Yogyakarta bisa dioperasikan ketika libur Lebaran 2024, maka banyak jalur alternatif yang pada akhirnya dapat memangkas waktu perjalanan ke wilayah Jawa Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com