Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digelar Mepet Pemilu, IIMS 2024 Optimistis Serap Rp 5,3 Triliun

Kompas.com - 15/02/2024, 08:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, akan digelar pada 15-25 Februari 2024. Pameran otomotif awal tahun ini dibuka sehari setelah Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden pada 14 Februari 2024.

IIMS 2024 kembali diselenggarakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Tahun ini pameran melibatkan lebih dari 180 peserta terdiri dari mobil, mobil listrik, motor, motor listrik, serta beragam merek aksesoris dan aftermarket.

Baca juga: Presiden Jokowi dan Jajaran Menteri Dipastikan Buka Pameran IIMS 2024

Presiden Direktur Dyandra Promosindo Daswar Marpaung mengatakan, IIMS 2024 menandai langkah maju signifikan dalam pertumbuhan positif industri otomotif Tanah Air.

Keramaian pengunjung di booth Mitsubishi pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023Dok. MMKSI Keramaian pengunjung di booth Mitsubishi pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023

“IIMS 2024 akan menjadi panggung inovasi terdepan dalam industri otomotif Indonesia. Kami terus berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman yang lebih luas dan lebih bervariasi bagi pengunjung, dengan melibatkan lebih banyak brand, program, dan kegiatan menarik,” kata Daswar dalam keterangan resmi belum lama ini.

Meski digelar mepet setelah Pemilu 2024, Daswar optimistis IIMS 2024 bakal menarik lebih dari 470.000 pengunjung selama 11 hari pameran, dengan target transaksi mencapai Rp 5,3 triliun.

Target tersebut dianggap realistis sebab IIMS 2024 menampilkan beberapa mobil baru yang diharapkan mampu menyedot perhatian pengunjung, salah satunya yaitu kehadiran BYD dan VinFast, dua mobil listrik asal China dan Vietnam.

Baca juga: Simak Rute Layanan Shuttle Bus Gratis buat ke IIMS 2024

Motor listrik Honda EM1 e: dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Motor listrik ini telah mengusung Honda Mobile Power Pack e:, yaitu teknologi baterai terbaru yang dapat ditukar dengan mudah, dan bisa melakukan pengisian daya di rumah.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor listrik Honda EM1 e: dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Motor listrik ini telah mengusung Honda Mobile Power Pack e:, yaitu teknologi baterai terbaru yang dapat ditukar dengan mudah, dan bisa melakukan pengisian daya di rumah.

BYD akan menghadirkan mobil BYD Seal, Dolphin dan Atto 3. VinFast membawa lima mobil listrik untuk menggoda konsumen Indonesia, kemudian Chery memperkenalkan Chery Omoda E5.

Merek lain semisal Honda menampilkan program terbaru. Hyundai memiliki area booth eksklusif dan Hyundai Service Point. MG Indonesia memperkuat komitmen pada inovasi kendaraan listrik membawa MG Maxus 9 dan MG ES EV.

Mitsubishi dmemperkenalkan konsep branding terbaru, New Pajero Sport dan XForce serta program penawaran menarik. Suzuki punya dua lokasi indoor dan outdoor serta peluncuran produk baru Jimny 5-pintu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com