Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulasan Lengkap Uji BYD Atto 3 Jakarta - Bandung

Kompas.com - 04/02/2024, 11:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen mobil listrik asal China, BYD, resmi masuk pasar Indonesia awal tahun 2024. Sebagai senjata awal, 'Build Your Dreams' meluncurkan tiga model sekaligus yaitu BYD Atto 3, Dolphin dan Seal.

Usai peluncuran pada pertengahan Januari lalu, Kompas.com mendapat kesempatan untuk menjajal keunggulan Atto 3, yaitu mobil yang masuk kelas SUV ringkas lima penumpang dan bersaing dengan MG4 EV dan Chery Omoda E5.

Baca juga: Polisi Ingatkan Mobil Pribadi Tidak Boleh Pakai Strobo, Ini Aturannya

Test drive kali ini lumayan jauh dengan rute Jakarta-Bandung. Total jarak yang ditempuh ialah 177,5 km dengan rincian dari diler BYD di Sunter, Jakarta Utara menuju Bandung dan mampir ke beberapa tempat.

Eksterior

Ulasan pertama soal eksterior. Bisa disebut tampilan Atto 3 lebih cenderung aman alias konvensional, kalau tidak mau disebut konservatif ketimbang MG4 EV dan Chery Omoda E5 yang lebih terasa futuristik sporty.

BYD Atto 3Foto: BYD BYD Atto 3

Fasia depan contohnya, gril dibuat minimalis dengan logo BYD warna senada yaitu perak yang terkesan simpel. Tampilan depan dipermanis dengan bentuk lampu depan yang menyipit dengan pendar sein di bagian atas.

Sedikit ke bagian bawah air scoop besar menjadi poin utama tampilan. Secara keseluruhan bentuk di fasia depan ini mengikatkan mobil-mobil SUV Eropa meski sebetulnya tidak dapat ditunjuk satu merek.

Baca juga: Toyota Lagi Kembangkan Mesin Pembakaran Internal Baru

Bicara desain, Atto 3 menggunakan bahasa desain Dragon-face 3.0. Bentuk kap mesin terbilang simpel dengan dua undakan di ujung kiri dan kanannya sebagai bagian dari keseluruhan bentuk lampu.

Beralih ke samping, gaya crossover dapat dilihat dari bagian atap yang lebih landai di bagian belakang. Di sisi samping dapat sebut desainnya minimalis, dengan perbandingan kaca dan pintu yang lebih besar pintu.

BYD Atto 3KOMPAS.com/Gilang BYD Atto 3

Kaki-kaki tampak gagah berkat pelek dual tone berukuran 17 untuk ripe Advance dan 18 inci untuk tipe Superior. Khusus tipe Superior yang terakhir dibalut ban Continentals profil tipis.

Interior

Bila tampilan luarnya "cari aman", maka kabin terasa futuristis. Masuk ke kabin Atto 3 disuguhi banyak "gimmick." Bukan berarti tidak bagus justru bisa disimpulkan sebaliknya.

Baca juga: Alasan Kenapa Honda Stylo Pakai Mesin 160cc

BYD seolah ingin agar pengalaman berkendara tumbuh dengan suasana kabin yang out of the box seperti saat mobil listrik pertama kali hadir, yang mana buat sebagian orang mungki terasa "ramai."

Keunikan pertama ialah handel pintu yang tak biasa. Untuk buka tutup pintu dari dalam bukan pakai tuas yang ditarik. Bentuk handelnya unik, dan menariknya juga jadi tempat tweeter audio.

BYD Atto 3 Foto: BYD BYD Atto 3

Masih di bagian pintu, ruang penyimpanan pada door trim di area pintu bagian dalam memakai tiga utas "senar gitar." Senar gitar itu terbuat dari karet dan bisa dimainkan layaknya gitar walau tidak bernada.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com